Analisis Kompetensi Kewirausahaan Dala Mewujudkan Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus Pada UMKM Kedai Mie Ala Korea)

Anggraeni, Fadilah Anggun (2024) Analisis Kompetensi Kewirausahaan Dala Mewujudkan Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus Pada UMKM Kedai Mie Ala Korea). Journal of Management and Bussines (JOMB), 6 (4). ISSN 2684-8317

[thumbnail of 01 Judul_240197_19416261201095_Fadilah Anggun Anggraeni.pdf] Text
01 Judul_240197_19416261201095_Fadilah Anggun Anggraeni.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 02 Daftar Isi_240197_19416261201095_Fadilah Anggun Anggraeni.pdf] Text
02 Daftar Isi_240197_19416261201095_Fadilah Anggun Anggraeni.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 03 Artikel_240197_19416261201095_Fadilah Anggun Anggraeni.pdf] Text
03 Artikel_240197_19416261201095_Fadilah Anggun Anggraeni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[thumbnail of 04 Daftar Pustaka_240197_19416261201095_Fadilah Anggun Anggraeni.pdf] Text
04 Daftar Pustaka_240197_19416261201095_Fadilah Anggun Anggraeni.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 05 Lampiran_240197_19416261201095_Fadilah Anggun Anggraeni.pdf] Text
05 Lampiran_240197_19416261201095_Fadilah Anggun Anggraeni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kompetensi kewirausahaan dapat mewujudkan keunggulan kompetitif di UMKM kedai Mie ala Korea yang berlokasi di Wadas Lemahabang, yang menawarkan berbagai makanan khas Korea. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedai Mie ala Korea memiliki kompetensi kewirausahaan yang mencakup kemampuan menciptakan rasa baru, konsistensi dalam memposting produk di media sosial, kemampuan menyusun laporan keuangan, dan adanya mitra bisnis. Keunggulan kompetitif yang dimiliki termasuk racikan bumbu khas, penetapan harga yang bersaing, serta kemampuan bertahan dan bersaing selama enam tahun. Kendala yang dihadapi mencakup lokasi yang jauh dari pusat kota, kurangnya penggunaan digital marketing, beberapa bahan baku yang dibeli secara online, dan pelayanan yang memakan waktu lama. Solusi yang diusulkan untuk mengatasi kendala tersebut meliputi pembukaan cabang di pusat kota, pendaftaran penjualan melalui digital marketing, stok bahan baku untuk beberapa hari ke depan, penambahan mitra bisnis lokal, serta pelatihan kepada juru masak untuk meningkatkan kecepatan pelayanan. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan strategi kewirausahaan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif UMKM di sektor kuliner.

Kata Kunci: Kedai Mie ala Korea, Kompetensi Kewirausahaan, Keunggulan Kompetitif

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 07 Nov 2025 01:53
Last Modified: 07 Nov 2025 01:53
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5129

Actions (login required)

View Item
View Item