Parwati, Yusi (2023) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Peningkatan Civic Disposition Siswa di SMA Negeri 5 Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.
1.FILE JUDUL_230015_19416287205025_Yusi Parwati.pdf
Download (287kB)
2. ABSTRAK_230015_19416287205025_Yusi Parwati.pdf
Download (40kB)
3.DAFTAR ISI_230015_19416287205025_Yusi Parwati.pdf
Download (58kB)
4.BAB I_230015_19416287205025_Yusi Parwati.pdf
Download (264kB)
5.BAB II_230015_19416287205025_Yusi Parwati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (577kB)
6.BAB III_230015_19416287205025_Yusi Parwati.pdf
Download (429kB)
7.BAB IV_230015_19416287205025_Yusi Parwati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (743kB)
8.BAB V_230015_19416287205025_Yusi Parwati.pdf
Download (334kB)
9.DAFTAR PUSTAKA_230015_19416287205025_Yusi Parwati.pdf
Download (359kB)
10.LAMPIRAN_230015_19416287205025_Yusi Parwati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan seberapa besar pengaruh pembelajaran pendidikan Pancasila dalam kurikulum merdeka dalam meningkatkan civic disposition siswa di SMA Negeri 5 Karawang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Karawang yang berjumlah 432 orang siswa dengan mengambil sampel 25% dari jumlah populasi sehingga didapat jumlah sampel 108 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survey. Teknik ananlisis data pada penelitian ini diantaranya uji instrumen (validitas dan reliabilitas), pengumpulan data (angket dan observasi), menganalisa data (analisis regresi linier sederhana) serta menginterpretasikan data (deskriptif) dengan bantuan SPSS versi 25. Dengan diperolehnya nilai thitung = 10,107 dan nilai ttabel = 1,982 hal ini dapat diartikan nilai thitung > ttabel (10,107 > 1,982) dengan nilai signifikansi pada uji T 0,00 < 0,05 sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pembelajaran pendidikan pancasila dalam kurikulum merdeka terhadap peningkatan civic disposition siswa di SMA Negeri 5 Karawang. Besarnya pengaruh pembelajaran pendidikan pancasila dalam kurikulum merdeka terhadap peningkatan civic disposition siswa di SMA Negeri 5 Karawang didapat dari hasil pengujian koefisien determinasi, nilai R Square pada uji koefisien determinasi sebesar 0,491 = 49,1%. Maka besar pengaruhnya sebesar 49,1% dan 50,9% lainnya dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan masyarakat.
Kata Kunci: Civic Disposition, Pendidikan Pancasila, Kurikulum Merdeka
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 01:48 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 01:48 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5106 |
