Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di SD Quran Terpadu Nurul Islam Johar Karawang

Putri, Geby Satama (2024) Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di SD Quran Terpadu Nurul Islam Johar Karawang. COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting, 7 (4). ISSN 2597-5234

[thumbnail of 01 Judul_240173_20416261201122_Geby Satama Putri.pdf] Text
01 Judul_240173_20416261201122_Geby Satama Putri.pdf

Download (719kB)
[thumbnail of 02 Daftar Isi_240173_20416261201122_Geby Satama Putri.pdf] Text
02 Daftar Isi_240173_20416261201122_Geby Satama Putri.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 03 Artikel_240173_20416261201122_Geby Satama Putri.pdf] Text
03 Artikel_240173_20416261201122_Geby Satama Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[thumbnail of 04 Daftar Pustaka_240173_20416261201122_Geby Satama Putri.pdf] Text
04 Daftar Pustaka_240173_20416261201122_Geby Satama Putri.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 05 Lampiran_240173_20416261201122_Geby Satama Putri.pdf] Text
05 Lampiran_240173_20416261201122_Geby Satama Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Para guru menghadapi sejumlah tantangan berkaitan dengan faktor lingkungan dan disiplin kerja saat ini. Salah satu masalah utama adalah ketersediaan infrastruktur pendidikan yang memadai, yang masih kurang termasuk ruang kelas dan fasilitas belajar yang layak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai bagaimana lingkungan kerja dan disiplin kerja mempengaruhi kinerja guru di SD Quran Terpadu Nurul Islam Johar Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, wawancara, dan observasi. Sampel yang digunakan berjumlah 52 orang (sampel jenuh). Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap kinerja guru, sementara disiplin kerja secara simultan berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Peneliti menyimpulkan bahwa lingkungan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja, namun disiplin kerja lingkungan sekolah dapat meningkatkan kinerja guru dan berdampak positif pada kualitas pengajaran dan pembelajaran. Temuan ini memiliki implikasi penting bagi pengembangan kebijakan dan praktik manajemen di lingkungan pendidikan. Disiplin kerja yang baik di kalangan karyawan berkontribusi positif terhadap kinerja guru.

Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Kinerja Guru, Disiplin

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 07 Nov 2025 01:48
Last Modified: 07 Nov 2025 01:48
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5104

Actions (login required)

View Item
View Item