Ambiya, Khoerul (2024) Pengaruh Live Streaming dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Vaseline di Shopee. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP), 10 (9). ISSN 2089-5364
JUDUL_240171_20416261201467_Khoerul Ambiya.pdf
Download (832kB)
DAFTAR ISI_240171_20416261201467_Khoerul Ambiya.pdf
Download (65kB)
ARTIKEL UTAMA_240171_20416261201467_Khoerul Ambiya.pdf
Restricted to Registered users only
Download (494kB)
DAFTAR PUSTAKA_240171_20416261201467_Khoerul Ambiya.pdf
Download (118kB)
LAMPIRAN_240171_20416261201467_Khoerul Ambiya.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Pesatnya kemajuan teknologi dalam satu dekade terakhir menyebabkan beberapa aspek kehidupan mengalami perubahan yang signifikan. Kemajuan ini dirasakan secara global, khususnya di bidang Teknologi Informasi. Ditandai dengan aktivitas yang bertransformasi dari era tradisional ke era digital. Platform marketplace yang sering digunakan untuk proses transaksi online di Indonesia adalah Shopee. Masyarakat Indonesia sering mengakses platform marketplace ini pada kuartal pertama hingga ketiga tahun 2023. Penelitian ini mengkaji bagaimana siaran langsung dan ulasan pelanggan online mempengaruhi pembelian Shopee Vaselie. Menurut positivisme, metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan verifikatif dan deskriptif adalah suatu prosedur ilmiah yang obyektif, nyata, metodis, dan terukur secara logis yang digunakan untuk mengevaluasi teori dengan hipotesis. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner. Penelitian tersebut dilakukan pada mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang yang menggunakan Vaseline Body Lotion di Shopee, baik pria maupun wanita. Temuan penelitian menunjukkan bahwa live streaming memiliki dampak besar terhadap keputusan pembelian produk Vaseline. Selain itu, evaluasi pelanggan online memiliki pengaruh terbatas terhadap keputusan pembelian produk Vaseline. Konvergensi live streaming dan review pelanggan online telah mempengaruhi pilihan pembelian produk Vaseline di platform Shopee secara signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada produk yang dipasarkan secara online melalui marketplace atau e - commerce yang lainya.
Kata kunci: Live Streaming, Online Custmer Review, Keputusan Pembelian
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 01:44 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 01:44 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5093 |
