Lestari, Alfiani Ayu (2024) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Zuana Rasa. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6 (9). ISSN 2656-4351
01 Judul_240104_20416261201352_Alfiani Ayu Lestari.pdf
Download (447kB)
02 Daftar Isi_240104_20416261201352_Alfiani Ayu Lestari.pdf
Download (39kB)
03 Artikel_240104_20416261201352_Alfiani Ayu Lestari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
04 Daftar Pustaka_240104_20416261201352_Alfiani Ayu Lestari.pdf
Download (307kB)
05 Lampiran_240104_20416261201352_Alfiani Ayu Lestari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Pendapatan Zuana Rasa mengalami kenaikan dan penurunan atau fluktuatif. Pendapatan fluktuatif tersebut disebabkan karena kurangnya penggunaan strategi pemasaran yang tepat pada Zuana Rasa. Supaya dapat meningkatkan pendapatannya Zuana Rasa harus mempunyai strategi yang tepat, Zuana Rasa dapat memilih strategi pemasaran yang tepat dengan menggunakan analisis SWOT maka dapat diketahui faktor internal dan eksternalyang menjadi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats). Oleh sebab itu, analisis SWOT sangat dibutuhkan dalam mengurangi hambatan yang terjadi dengan menggunakan peluang yang ada pada Zuana Rasa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan pada Zuana Rasa, sehingga dapat mengetahui peluang dan menghindari ancaman dari pesaing yang lain. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian didapatkan dari data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Zuana Rasa berada pada kuadran I mendukung strategi agresif dengan nilai peluang sejumlah 1,4 dan kekuatan sejumlah 1,8 maka strategi yang harus dilakukan adalah pertumbuhan pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk dan penetrasi pasar melalui inovasi dan pengembangan produk, pengembangan promosi serta menerapkan strategi terintegrasi.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Zuana Rasa
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 01:34 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 01:34 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5062 |
