Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Zuana Rasa

Lestari, Alfiani Ayu (2024) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada UMKM Zuana Rasa. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6 (9). ISSN 2656-4351

[thumbnail of 01 Judul_240104_20416261201352_Alfiani Ayu Lestari.pdf] Text
01 Judul_240104_20416261201352_Alfiani Ayu Lestari.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 02 Daftar Isi_240104_20416261201352_Alfiani Ayu Lestari.pdf] Text
02 Daftar Isi_240104_20416261201352_Alfiani Ayu Lestari.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 03 Artikel_240104_20416261201352_Alfiani Ayu Lestari.pdf] Text
03 Artikel_240104_20416261201352_Alfiani Ayu Lestari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 04 Daftar Pustaka_240104_20416261201352_Alfiani Ayu Lestari.pdf] Text
04 Daftar Pustaka_240104_20416261201352_Alfiani Ayu Lestari.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 05 Lampiran_240104_20416261201352_Alfiani Ayu Lestari.pdf] Text
05 Lampiran_240104_20416261201352_Alfiani Ayu Lestari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendapatan Zuana Rasa mengalami kenaikan dan penurunan atau fluktuatif. Pendapatan fluktuatif tersebut disebabkan karena kurangnya penggunaan strategi pemasaran yang tepat pada Zuana Rasa. Supaya dapat meningkatkan pendapatannya Zuana Rasa harus mempunyai strategi yang tepat, Zuana Rasa dapat memilih strategi pemasaran yang tepat dengan menggunakan analisis SWOT maka dapat diketahui faktor internal dan eksternalyang menjadi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats). Oleh sebab itu, analisis SWOT sangat dibutuhkan dalam mengurangi hambatan yang terjadi dengan menggunakan peluang yang ada pada Zuana Rasa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan pada Zuana Rasa, sehingga dapat mengetahui peluang dan menghindari ancaman dari pesaing yang lain. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian didapatkan dari data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Zuana Rasa berada pada kuadran I mendukung strategi agresif dengan nilai peluang sejumlah 1,4 dan kekuatan sejumlah 1,8 maka strategi yang harus dilakukan adalah pertumbuhan pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk dan penetrasi pasar melalui inovasi dan pengembangan produk, pengembangan promosi serta menerapkan strategi terintegrasi.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Zuana Rasa

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 07 Nov 2025 01:34
Last Modified: 07 Nov 2025 01:34
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5062

Actions (login required)

View Item
View Item