Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Penggunaan BNI Tapcash di Penggemar NCTZEN Pada Grup Facebook

Sugiarti, Riri Ayu (2024) Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Penggunaan BNI Tapcash di Penggemar NCTZEN Pada Grup Facebook. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5 (2). ISSN 2715-792X

[thumbnail of 01 Judul_240074_20416261201141_Riri Ayu Sugiarti.pdf] Text
01 Judul_240074_20416261201141_Riri Ayu Sugiarti.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 02 Daftar Isi_240074_20416261201141_Riri Ayu Sugiarti.pdf] Text
02 Daftar Isi_240074_20416261201141_Riri Ayu Sugiarti.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 03 Artikel_240074_20416261201141_Riri Ayu Sugiarti.pdf] Text
03 Artikel_240074_20416261201141_Riri Ayu Sugiarti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 04 Daftar Pustaka_240074_20416261201141_Riri Ayu Sugiarti.pdf] Text
04 Daftar Pustaka_240074_20416261201141_Riri Ayu Sugiarti.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 05 Lampiran_240074_20416261201141_Riri Ayu Sugiarti.pdf] Text
05 Lampiran_240074_20416261201141_Riri Ayu Sugiarti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sistem pembayaran sudah mengalami transformasi disebabkan oleh kemajuan teknologi di industri keuangan, khususnya dengan diperkenalkannya e-money atau uang elektronik. PT. Bank Negara Indonesia, entitas yang bertanggung jawab melakukan penerbitan uang kertas di Indonesia, mempromosikan produknya dengan merek BNI TapCash. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui persepsi manfaat serta persepsi kemudahan pada keputusan penggunaan BNI TapCash. Penelitian ini memakai metodologi deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Metodologi yang dipergunakan yakni teknik regresi linier berganda. Sampel populasi penelitian ini terdiri dari 102.706 pengguna terdaftar BNI TapCash di Indonesia yang tergabung dalam halaman Facebook Nctzen Indonesia. Jumlah sampel sebanyak 104 orang dipilih dengan menggunakan pendekatan random sampling yang dikenal dengan seleksi acak langsung. Pesertanya adalah pengguna BNI TapCash yang diberikan kuesioner untuk mengumpulkan data primer. Data dan pembahasan terkait menampilkan persepsi manfaat serta persepsi kemudahan dari BNI TapCash mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap keputusan pemanfaatannya. Ini dapat diartikan bahwa pengguna cenderung menggunakan BNI TapCash ketika mereka memiliki persepsi positif terhadap kemudahan serta manfaat yang diberi oleh sistem tersebut.

Kata Kunci : e-money, BNI TapCash, keputusan penggunaan

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 06 Nov 2025 08:42
Last Modified: 06 Nov 2025 08:42
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5012

Actions (login required)

View Item
View Item