Pengaruh Brand Ambassador Refa Hady dan Viral Marketing Pada Akun Tiktok @Avoskinbeauty Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Avoskin

Hikmah, Nafilatul (2024) Pengaruh Brand Ambassador Refa Hady dan Viral Marketing Pada Akun Tiktok @Avoskinbeauty Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Avoskin. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5 (2). ISSN 2715-792X

[thumbnail of FILE JUDUL_240033_20416261201324_Nafilatul Hikmah.pdf] Text
FILE JUDUL_240033_20416261201324_Nafilatul Hikmah.pdf

Download (614kB)
[thumbnail of DAFTAR_ISI_240033_20416261201324_Nafilatul Hikmah.pdf] Text
DAFTAR_ISI_240033_20416261201324_Nafilatul Hikmah.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of ARTIKEL UTAMA_240033_20416261201324_Nafilatul Hikmah.pdf] Text
ARTIKEL UTAMA_240033_20416261201324_Nafilatul Hikmah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_240033_20416261201324_Nafilatul Hikmah.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_240033_20416261201324_Nafilatul Hikmah.pdf

Download (191kB)

Abstract

Dalam era digital saat ini, penggunaan brand ambassador dan viral marketing di media sosial seperti TikTok menjadi strategi pemasaran yang semakin populer dan efektif. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana brand ambassador dan viral marketing pada akun Tiktok @avoskinbeauty mempengaruhi keputusan pembelian untuk membeli skincare avoskin. Metodologi yang diterapkan ialah kuantitatif melalui pendekatan deskriptif dan verifikatif. Kuesioner diberikan kepada 120 orang pengikut @avoskinbeauty di TikTok untuk mengumpulkan data. Pengambilan sampel kajian dilakukan melalui teknik non-probability sampling khususnya metode purposive sampling. Analisis data menggunakan SmartPLS-3.0 dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis varians khususnya Patrial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand ambassador secara langsung mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli. Karena biasanya para pengguna skincare cenderung memperhatikan promosi produk avoskin oleh Refal Hady sebagai brand ambassador. Di sisi lain, konten viral yang diposting ke akun Tiktok @avoskinbeauty adalah strategi pemasaran yang sukses. Hasilnya, dapat dikatakan bahwa viral marketing mempengaruhi keputusan pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa brand ambassador dan viral marketing pada akun TikTok @avoskinbeauty memiliki pengaruh terhadap keputusan konsumen untuk membeli skincare Avoskin.

Kata Kunci: Brand Ambassador, Viral Marketing, Keputusan Pembelian, Tiktok

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 06 Nov 2025 08:30
Last Modified: 06 Nov 2025 08:30
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4959

Actions (login required)

View Item
View Item