Academic Burnout Pada Mahasiswa Pekerja: Peran Dukungan Sosial dan Self-Efficacy Sebagai Mediator

Alfajri, Fauzan Ahmad (2024) Academic Burnout Pada Mahasiswa Pekerja: Peran Dukungan Sosial dan Self-Efficacy Sebagai Mediator. Jurnal Social Library, 4 (3). ISSN 2776-1592

[thumbnail of File Judul_240042_20416273201042_Fauzan Ahmad Alfajri.pdf] Text
File Judul_240042_20416273201042_Fauzan Ahmad Alfajri.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of Daftar Isi_240042_20416273201042_Fauzan Ahmad Alfajri.pdf] Text
Daftar Isi_240042_20416273201042_Fauzan Ahmad Alfajri.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of Artikel_240042_20416273201042_Fauzan Ahmad Alfajri.pdf] Text
Artikel_240042_20416273201042_Fauzan Ahmad Alfajri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[thumbnail of lampiran_240042_20416273201042_Fauzan Ahmad Alfajri.pdf] Text
lampiran_240042_20416273201042_Fauzan Ahmad Alfajri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial dan self-efficacy sebagai mediator terhadap academic burnout yang dilakukan kepada 218 responden yang merupakan mahasiswa pekerja. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini yaitu Maslach Burnout Inventory Survey Study (MBI-SS), General Self- efficacy Scale (GSES), dan Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS). Teknik pengambilan data yang digunakan non-probability sampling dengan jenis snowball sampling. Analisis data menggunakan path analysis. Hasil uji hipotesis melalui path analysis dengan menghasilkan path coefficeint pengaruh dukungan sosial terhadap academic burnout sebesar 0.244 (p>0.05), artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan. Serta pengaruh dukungan sosial terhadap self-efficacy sebesar 0.001 (p<0.05) artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Lalu pengaruh self-efficacy terhadap academic burnout sebesar 0.001 (p<0.05), artinya terdapat pengaruh yang signifikan, indirect effects antara dukungan sosial dan self-efficacy terhadap Academic burnout sebesar 0.001 (p<0.05) artinya bahwa self-efficacy dapat berperan sebagai mediator penuh pengaruh dukungan sosial terhadap academic burnout. Studi ini menemukan bahwa dukungan sosial tidak memiliki pengaruh terhadap kelelahan akademik mahasiswa yang bekerja. Namun, melalui jalur self-efficacy, dukungan sosial berkontribusi sebesar 23,2 % terhadap academic burnout dan terhadap self-efficacy sebesar 16,7%.

Kata Kunci: Academic Burnout; Dukungan Sosial; Mahasiswa Pekerja; Self-Efficacy.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 31 Oct 2025 03:51
Last Modified: 31 Oct 2025 03:51
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4874

Actions (login required)

View Item
View Item