Penerapan Metode SWOT dan Pengembangan Usaha Pada UMKM Boneka Adi Cikampek (Studi Kasus: UMKM Adi Pengrajin Boneka Cikampek

Pangestu, Rizki (2024) Penerapan Metode SWOT dan Pengembangan Usaha Pada UMKM Boneka Adi Cikampek (Studi Kasus: UMKM Adi Pengrajin Boneka Cikampek. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf] Text
1. File Judul_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. FILE ABSTRAK_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf] Text
2. FILE ABSTRAK_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf] Text
3. DAFTAR ISI_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 4. BAB I_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf] Text
4. BAB I_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of 5. BAB II_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf] Text
5. BAB II_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[thumbnail of 6. BAB III_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf] Text
6. BAB III_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf] Text
7. BAB IV_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[thumbnail of 8. BAB V_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf] Text
8. BAB V_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf] Text
10. LAMPIRAN_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[thumbnail of 11. Artikel_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf] Text
11. Artikel_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)

Abstract

UMKM Boneka Adi adalah salah satu pengrajin boneka yang ada di Kampung Mekarjaya. Persaingan antara pengrajin sudah sangat lumrah bahkan demi produk yang ia produksi dan akan dijual ke toko harus menurunkan harga yang telah ditawarkan oleh pihak pengrajin. Selain itu apa saja faktor internal dan eksternal dalam UMKM Boneka Adi serta membandingkan UMKM Boneka Adi dengan pesaing lalu menganalisis strategi alternatif untuk UMKM Boneka Adi. Maka dari itu penelitian ini di pilih dengan tujuan memberikan informasi kepada pihak terkait untuk mengetahui berbagai macam strategi pemasaran yang dapat dilakukan. Metode SWOT digunakan untuk mengetahui apa saja faktor internal dan eksternal yang ada pada UMKM Boneka Adi serta untuk merumuskan strategi alternatif yang nanti di analisis menggunakan QSPM. Ada 5 faktor kekuatan dan 4 faktor kelemahan serta 4 peluang dan 4 ancaman pada UMKM Boneka Adi. Kemudian UMKM Boneka Adi memiliki nilai paling rendah diantara pesaingnya dengan total skor sebesar 2,262. Strategi alternatif yang dapat diterapkan UMKM Boneka Adi adalah memperluas pangsa pasar dengan memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi.

Kata Kunci: Boneka, Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, UMKM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 29 Oct 2025 03:27
Last Modified: 29 Oct 2025 03:27
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4790

Actions (login required)

View Item
View Item