Pangestu, Rizki (2024) Penerapan Metode SWOT dan Pengembangan Usaha Pada UMKM Boneka Adi Cikampek (Studi Kasus: UMKM Adi Pengrajin Boneka Cikampek. Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf
Download (1MB)
2. FILE ABSTRAK_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf
Download (36kB)
3. DAFTAR ISI_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf
Download (222kB)
4. BAB I_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf
Download (407kB)
5. BAB II_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf
Restricted to Registered users only
Download (451kB)
6. BAB III_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf
Download (438kB)
7. BAB IV_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf
Restricted to Registered users only
Download (584kB)
8. BAB V_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf
Download (37kB)
9. DAFTAR PUSTAKA_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf
Download (145kB)
10. LAMPIRAN_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf
Restricted to Registered users only
Download (781kB)
11. Artikel_240076_17416226201223_Rizki Pangestu.pdf
Restricted to Registered users only
Download (598kB)
Abstract
UMKM Boneka Adi adalah salah satu pengrajin boneka yang ada di Kampung Mekarjaya. Persaingan antara pengrajin sudah sangat lumrah bahkan demi produk yang ia produksi dan akan dijual ke toko harus menurunkan harga yang telah ditawarkan oleh pihak pengrajin. Selain itu apa saja faktor internal dan eksternal dalam UMKM Boneka Adi serta membandingkan UMKM Boneka Adi dengan pesaing lalu menganalisis strategi alternatif untuk UMKM Boneka Adi. Maka dari itu penelitian ini di pilih dengan tujuan memberikan informasi kepada pihak terkait untuk mengetahui berbagai macam strategi pemasaran yang dapat dilakukan. Metode SWOT digunakan untuk mengetahui apa saja faktor internal dan eksternal yang ada pada UMKM Boneka Adi serta untuk merumuskan strategi alternatif yang nanti di analisis menggunakan QSPM. Ada 5 faktor kekuatan dan 4 faktor kelemahan serta 4 peluang dan 4 ancaman pada UMKM Boneka Adi. Kemudian UMKM Boneka Adi memiliki nilai paling rendah diantara pesaingnya dengan total skor sebesar 2,262. Strategi alternatif yang dapat diterapkan UMKM Boneka Adi adalah memperluas pangsa pasar dengan memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi.
Kata Kunci: Boneka, Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, UMKM
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
| Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:27 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:27 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4790 |
