Analisis Kualitas Pelayanan Laboratorium Menggunakan Metode Serqual (Studi Kasus di Laboratorium Manufaktur Teknik INdustri Universitas Buana Perjuangan Karawang)

Saputra, Agung Andrean (2024) Analisis Kualitas Pelayanan Laboratorium Menggunakan Metode Serqual (Studi Kasus di Laboratorium Manufaktur Teknik INdustri Universitas Buana Perjuangan Karawang). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf] Text
1. File Judul_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf] Text
2. File Abstrak_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf] Text
3. Daftar Isi_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf] Text
4. BAB_I_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf] Text
5. BAB_II_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf] Text
6. BAB_III_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf

Download (478kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf] Text
7. BAB_IV_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB)
[thumbnail of 8. BAB_V_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf] Text
8. BAB_V_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 10. Lampiran_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf] Text
10. Lampiran_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[thumbnail of 11. Artikel_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf] Text
11. Artikel_240042_18416226201088_Agung Andrean Saputra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)

Abstract

LM UBP merupakan laboratorium penunjang kebutuhan mahasiswa dalam praktikum mata kuliah Proses Manufaktur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan dan dimensi yang menjadi prioritas perbaikan pada pelayanan LM UBP serta mengetahui adakah keterkaitan antara persepsi mahasiswa dan harapan mahasiswa pada pelayanan yang dilakukan. Metode yang digunakan adalah Servqual dan Regresi korelasi . Metode penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik slovin dengan sampel 61 responden, dalam penelitian ini data dianalisis menggunakan bantuan Software IBM SPSS Statistics 23. Berdasarkan hasil analisis dengan mengunakan metode servqual untuk mengetahui hasil kualitas pelayanan (Q) nilai untuk dimensi Reliability (0,856), dimensi Responsiveness (0,867), dimensi Assurance (0,869), dimensi Emphaty (0,883) dan dimensi Tangible (0,891). Untuk nilai rata-rata dari seluruh atribut adalah (0,873) yang masih dibawah 1 yang berarti kepuasan konsumen belum terpenuhi. lalu dimensi yang menjadi prioritas perbaikan adalah dimensi Reliability.Dan berdasarkan Uji Regresi Linier Sederhana serta Uji Korelasi diketahui bahwa Kualitas pelayanan tidak mempengaruhi harapan responden terhadap kepuasan pelayanan.

Kata kunci : Laboratorium,Kepuasan mahasiswa, Servqual

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 29 Oct 2025 03:16
Last Modified: 29 Oct 2025 03:16
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4756

Actions (login required)

View Item
View Item