Pengaruh Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif Dalam Pembelian Mechandise Pada Penggemar K-Pop di Karawang

Salpani, Mira (2024) Pengaruh Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif Dalam Pembelian Mechandise Pada Penggemar K-Pop di Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf] Text
1. File Judul_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf] Text
2. File Abstrak_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf] Text
3. Daftar Isi_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4. BAB I_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf] Text
4. BAB I_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 5. BAB II_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf] Text
5. BAB II_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of 6. BAB III_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf] Text
6. BAB III_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf] Text
7. BAB IV_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[thumbnail of 8. BAB V_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf] Text
8. BAB V_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 10. Lampiran_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf] Text
10. Lampiran_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. Artikel_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf] Text
11. Artikel_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas terhadap perilaku konsumtif dalam pembelian merchandise pada penggemar K-Pop di Karawang. Perilaku konsumtif merupakan perilaku individu dalam membeli barang atau jasa secara berlebihan untuk mememuhi keinginannya tanpa adanya pertimbangan yang matang. Konformitas merupakan kemauan individu untuk meniru orang lain dalam suatu kelompok agar dapat diterima dan tidak adanya penolakan dalam kelompok tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain asosiatif, dan menggunakan teknik snowball sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu penggemar K-Pop di Karawang dengan jumlah sampel sebanyak 204 responden. Alat ukur penelitian ini menggunakan skala perilaku konsumtif dan skala baku konformitas (Conformity Scale). Hasil penelitian ini di uji dengan uji hipotesis regresi linear sederhana yang menunjukkan nilai p = 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya ada pengaruh konformitas terhadap perilaku konsumtif dalam pembelian merchandise pada penggemar K-Pop di Karawang. Besaran pengaruh konformitas terhadap perilaku konsumtif dalam pembelian merchandise pada penggemar K- Pop di Karawang sebesar 42,2% dan sisanya sebesar 57,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal meliputi kebudayaan, kelas sosial, dan keluarga. Sedangkan faktor internal meliputi motivasi, kepribadian, konsep diri, proses belajar, dan gaya hidup.

Kata kunci: Konformitas, Perilaku konsumtif, penggemar K-Pop, Karawang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 27 Oct 2025 02:46
Last Modified: 27 Oct 2025 02:46
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4685

Actions (login required)

View Item
View Item