Salpani, Mira (2024) Pengaruh Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif Dalam Pembelian Mechandise Pada Penggemar K-Pop di Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf
Download (406kB)
2. File Abstrak_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf
Download (50kB)
3. Daftar Isi_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf
Download (60kB)
4. BAB I_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf
Download (210kB)
5. BAB II_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (108kB)
6. BAB III_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf
Download (344kB)
7. BAB IV_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (414kB)
8. BAB V_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf
Download (44kB)
9. Daftar Pustaka_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf
Download (183kB)
10. Lampiran_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
11. Artikel_240035_20416273201201_Mira Salpani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (101kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas terhadap perilaku konsumtif dalam pembelian merchandise pada penggemar K-Pop di Karawang. Perilaku konsumtif merupakan perilaku individu dalam membeli barang atau jasa secara berlebihan untuk mememuhi keinginannya tanpa adanya pertimbangan yang matang. Konformitas merupakan kemauan individu untuk meniru orang lain dalam suatu kelompok agar dapat diterima dan tidak adanya penolakan dalam kelompok tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain asosiatif, dan menggunakan teknik snowball sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu penggemar K-Pop di Karawang dengan jumlah sampel sebanyak 204 responden. Alat ukur penelitian ini menggunakan skala perilaku konsumtif dan skala baku konformitas (Conformity Scale). Hasil penelitian ini di uji dengan uji hipotesis regresi linear sederhana yang menunjukkan nilai p = 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya ada pengaruh konformitas terhadap perilaku konsumtif dalam pembelian merchandise pada penggemar K-Pop di Karawang. Besaran pengaruh konformitas terhadap perilaku konsumtif dalam pembelian merchandise pada penggemar K- Pop di Karawang sebesar 42,2% dan sisanya sebesar 57,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal meliputi kebudayaan, kelas sosial, dan keluarga. Sedangkan faktor internal meliputi motivasi, kepribadian, konsep diri, proses belajar, dan gaya hidup.
Kata kunci: Konformitas, Perilaku konsumtif, penggemar K-Pop, Karawang
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
| Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 02:46 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 02:46 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4685 |
