Giffari, Muhammad Azhar (2024) Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Kecanduan Game Online Mobile Legends Pada Dewasa Awal di Kabupaten Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240004_20416273201021_Muhammad Azhar Giffari.pdf
Download (762kB)
2. File Abstrak_240004_20416273201021_Muhammad Azhar Giffari.pdf
Download (43kB)
3. DAFTAR ISI_240004_20416273201021_Muhammad Azhar Giffari.pdf
Download (52kB)
4. BAB I_240004_20416273201021_Muhammad Azhar Giffari.pdf
Download (66kB)
5. BAB II_240004_20416273201021_Muhammad Azhar Giffari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
6. BAB III_240004_20416273201021_Muhammad Azhar Giffari.pdf
Download (611kB)
7. BAB IV_240004_20416273201021_Muhammad Azhar Giffari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (607kB)
8. BAB V_240004_20416273201021_Muhammad Azhar Giffari.pdf
Download (39kB)
9. DAFTAR PUSTAKA_240004_20416273201021_Muhammad Azhar Giffari.pdf
Download (343kB)
10. LAMPIRAN_240004_20416273201021_Muhammad Azhar Giffari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
11. Artikel_240004_20416273201021_Muhammad Azhar Giffari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (705kB)
Abstract
Kecanduan merupakan perilaku ketergantungan pada suatu hal yang disenangi dan akan melakukannya secara berulang-ulang pada kesempatan yang ada, sulit untuk dicegah sehingga berdampak negatif pada diri sendiri bahkan hingga orang lain, salah satu bentuk kecanduan adalah kecanduan game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap kecanduan game online mobile legends pada dewasa awal di Kabupaten Karawang. Populasi dalam penelitian ini adalah gamers dewasa awal di Kabupaten Karawang yang bermain mobile legends, penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif ini memiliki sample berjumlah 114 orang yang diambil menggunakan teknik convenience sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala kecanduan game online (GAS) dari Lemmens, Valkenburg, dan Peter (2009) dan skala The Brief Self Control Scale (BSCS) dari Tangney, Baumeister, dan Boone (dalam De Ridder dkk., 2011). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, maka dikatakan Ha diterima H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kontrol diri terhadap kecanduan game online mobile legends pada dewasa awal di Kabupaten Karawang. Hasil uji determinasi dapat diketahui bahwa nilai R square sebesar 0,099 atau 9,9%, maka besaran pengaruh antara variabel kontrol diri terhadap variabel kecanduan game online sebesar 9,9%, sedangkan sisanya 91,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti pada penelitian ini seperti kurang perhatian dari orang terdekat, depresi, dan kurang kegatan.
Kata Kunci: Dewasa Awal, Kecanduan game online, Kontrol Diri, Karawang
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
| Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:29 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:29 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4653 |
