Adhitiya, Damarnur Ilalang (2024) Simulasi Rangka Sepeda Fixie Dengan Material Alloy 6061 Menggunakan Metode Elemen Hingga. Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240005_20416221201032_Damarnur Ilalang Adhitiya.pdf
Download (788kB)
2. File Abstrak_240005_20416221201032_Damarnur Ilalang Adhitiya.pdf
Download (38kB)
3. Daftar Isi_240005_20416221201032_Damarnur Ilalang Adhitiya.pdf
Download (54kB)
4. BAB_I_240005_20416221201032_Damarnur Ilalang Adhitiya.pdf
Download (91kB)
5. BAB_II_240005_20416221201032_Damarnur Ilalang Adhitiya.pdf
Restricted to Registered users only
Download (336kB)
6. BAB_III_240005_20416221201032_Damarnur Ilalang Adhitiya.pdf
Download (182kB)
7. BAB_IV_240005_20416221201032_Damarnur Ilalang Adhitiya.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
8. BAB_V_240005_20416221201032_Damarnur Ilalang Adhitiya.pdf
Download (139kB)
9. Daftar Pustaka_240005_20416221201032_Damarnur Ilalang Adhitiya.pdf
Download (159kB)
10. Lampiran_240005_20416221201032_Damarnur Ilalang Adhitiya.pdf
Restricted to Registered users only
Download (558kB)
Abstract
Desain sepeda yang awalnya sederhana dan keterbatasan penggunaannya mengalami kemajuan yang mencolok seiring berlalunya waktu. Terdapat peningkatan yang signifikan dalam aspek desain rangka, bahan baku, dan berbagai aksesori pada sepeda. Penelitian difokuskan pada desain dan simulasi rangka sepeda fixie dengan material alloy 6061 yang bertujuan mengetahui kekuatan rangka sepeda fixie dengan menerapkan metode elemen hingga dan Mengetahui nilai safety factor yang dihasilkan. Dengan metode pemilihan material, pembuatan design rangka sepeda pada solidwork 2020 student version, simulasi dan analisis data. Hasil yang diperoleh pada pengujian menggunakan Abaqus (learning edition 2018). Bahwa nilai stress rata-rata pada beban 65kg sebesar 138.22 MPa, beban 70kg sebesar 161.25 MPa, beban 75kg sebesar 184.29 MPa. Displacement pada beban 65kg 0.00000280091557 mm, beban 70kg 0.00000300748107 mm, beban 75kg 0.00000321408779 mm. Nilai rata-rata safety factor yang didapat adalah 1.74. Simulasi finite elemen pada pengujian rangka sepeda fixie menggunakan Alloy 6061 dianggap aman.
Kata Kunci: Faktor Keamanan, Metode Elemen Hingga, Perpindahan, Rangka Sepeda, Tegangan.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
| Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:28 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:28 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4646 |
