Muamanah, Siti (2024) Implementasi Kurikulum Jabar Masagi Dalam Upaya Penguatan Nilai Kearifan Lokal Sunda (Studi Deskriptif Terhadap Siswa di SMAN 1 Ciampel). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. FILE JUDUL_240003_20416287205045_Siti Muamanah.pdf
Download (1MB)
2. FILE ABSTRAK_240003_20416287205045_Siti Muamanah.pdf
Download (160kB)
3. DAFTAR ISI_240003_20416287205045_Siti Muamanah.pdf
Download (396kB)
4. BAB I_240003_20416287205045_Siti Muamanah.pdf
Download (357kB)
5. BAB II_240003_20416287205045_Siti Muamanah.pdf
Download (303kB)
6. BAB III_240003_20416287205045_Siti Muamanah.pdf
Download (46kB)
7. BAB IV_240003_20416287205045_Siti Muamanah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
8. BAB V_240003_20416287205045_Siti Muamanah.pdf
Download (39kB)
9. DAFTAR PUSTAKA_240003_20416287205045_Siti Muamanah.pdf
Download (347kB)
10. Lampiran_240003_20416287205045_Siti Muamanah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (826kB)
11. Artikel_240003_20416287205045_Siti Muamanah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Kurikulum Jabar Masagi dalam upaya penguatan nilai kearifan lokal sunda di SMAN 1 Ciampel. Jabar Masagi merupakan program pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Jawa Barat yang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari wakasek kurikulum, guru ppkn, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum Jabar Masagi di SMAN 1 Ciampel dilakukan dengan mengintegrasikan nilai- nilai kearifan lokal Sunda ke dalam pembelajaran dan pembiasaan sekolah sesuai dengan lingkungan budaya setempat; (2) Nilai-nilai kearifan lokal yang diintegrasikan mengacu pada konsep Panca Niti, yaitu niti surti, niti harti, niti bukti, niti bakti, dan niti sajati; (3) Proses penguatan nilai kearifan lokal dilakukan melalui integrasi dalam pembelajaran, kegiatan panen karya, pembiasaan sekolah, serta evaluasi berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi Kurikulum Jabar Masagi dalam upaya penguatan nilai kearifan lokal sunda cukup efektif dalam membentuk karakter siswa. Diperlukan optimalisasi implementasi melalui peningkatan pemahaman guru, dan kerja sama dengan berbagai pihak. Dengan demikian, Kurikulum Jabar Masagi dapat menjadi model pendidikan karakter berbasis kearifan lokal untuk memperkuat jati diri bangsa di era globalisasi.
Kata Kunci: Jabar Masagi, Kearifan Lokal, Kurikulum.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:20 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:20 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4605 |
