Shaleh, Farras Dinar Aulia (2024) Efektivitas Media Pembelajaran Seni Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240075_20416286206034_Farras Dinar Aulia Shaleh.pdf
Download (305kB)
2. File Abstrak_240075_20416286206034_Farras Dinar Aulia Shaleh.pdf
Download (47kB)
3. Daftar Isi_240075_20416286206034_Farras Dinar Aulia Shaleh.pdf
Download (46kB)
4. BAB I_240075_20416286206034_Farras Dinar Aulia Shaleh.pdf
Download (81kB)
5. BAB II_240075_20416286206034_Farras Dinar Aulia Shaleh.pdf
Restricted to Registered users only
Download (376kB)
6. BAB III_240075_20416286206034_Farras Dinar Aulia Shaleh.pdf
Download (55kB)
7. BAB IV_240075_20416286206034_Farras Dinar Aulia Shaleh.pdf
Restricted to Registered users only
Download (163kB)
8. BAB V_240075_20416286206034_Farras Dinar Aulia Shaleh.pdf
Download (46kB)
9. Daftar Pustaka_240075_20416286206034_Farras Dinar Aulia Shaleh.pdf
Download (242kB)
10. Lampiran_240075_20416286206034_Farras Dinar Aulia Shaleh.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
11. Artikel_240075_20416286206034_Farras Dinar Aulia Shaleh.pdf
Restricted to Registered users only
Download (712kB)
Abstract
Media pembelajaran adalah sarana untuk meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar serta alat bantu guru untuk menyampaikan materi ajar, meningkatkan kreativitas dan perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini digunakan untuk menjawab rumusan masalah, yaitu bagaimana pentingnya pembelajaran seni dalam peran kreativitas siswa sekolah dasar serta bagaimana kreativitas guru SD dalam menentukan dan menggunakan media pembelajaran seni. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan data kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses belajar mengajar di SDN Karangpawitan III sehari-harinya dari guru ataupun dari siswanya selalu menggunakan media pembelajaran seni tersebut. Karena dengan adanya metode finger painting tersebut siswa lebih aktif dalam belajar, lebih paham, lebih tanggap, lebih mandiri dan peka untuk menerima materi. Selanjutnya siswa juga semakin memiliki rasa keindahan karena melalui Media pembelajaran seni mereka dilatih untuk terus meningkatkan kreatifitas mereka dalam menciptakan sebuah karya terbaik terlebih dalam bidang seni. Para siswa didorong untuk terus meningkatan daya imajinasi mereka agar mampu menciptakan sebuah ide, gagasan, karya yang terbaru yaitu berbeda dengan yang lainnya maupun dengan karyanya sebelumnya.
Kata Kunci: Media, Pembelajaran, Kreativitas, Belajar
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:20 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:20 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4600 |
