Silva, Claudia (2024) Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar IPAS di Sekolah Dasar (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Cariumulya III Desa Cariumulya Kec. Telagasari Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240068_20416286206045_Claudia Silva.pdf
Download (720kB)
2. File Abstrak_240068_20416286206045_Claudia Silva.pdf
Download (223kB)
3. Daftar Isi_240068_20416286206045_Claudia Silva.pdf
Download (316kB)
4. BAB I_240068_20416286206045_Claudia Silva.pdf
Download (384kB)
5. BAB II_240068_20416286206045_Claudia Silva.pdf
Restricted to Registered users only
Download (459kB)
6. BAB III_240068_20416286206045_Claudia Silva.pdf
Download (794kB)
7. BAB IV_240068_20416286206045_Claudia Silva.pdf
Restricted to Registered users only
Download (527kB)
8. BAB V_240068_20416286206045_Claudia Silva.pdf
Download (347kB)
9. Daftar Pustaka_240068_20416286206045_Claudia Silva.pdf
Download (394kB)
10. Lampiran_240068_20416286206045_Claudia Silva.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
11. Artikel_240068_20416286206045_Claudia Silva.pdf
Restricted to Registered users only
Download (247kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdpat pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar IPAS di sekolah dasar di SDN Cariumulya III Dusun cariu Desa Cariumulya Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre- Experimen dengan tipe One-Group Pretest-Posttest design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa SDN Cariumulya III tahun ajaran 2023/2024 dengan teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling sehingga sample didapatkan dari kelas IV berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan pretest-posttes, teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif, statistic inferensial, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t dengan rumus paired samples test pada software SPSS Ver.24 for windows diperoleh nilai sig. (2-tailed) untuk pretest-posttest yaitu 0,000<0,05, maka Ho ditolak. Artinya dari uji hipotesis terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar IPAS di sekolah dasar antara hasil pretest dan posttest.
Kata Kunci : Media Video Animasi, hasil belajar IPAS.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:19 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:19 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4593 |
