Putri, Noer Aisya Imelia (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Tipe Teams Games Tournaments Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Wadas II Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240065_20416286206117_Noer Aisya Imelia Putri.pdf
Download (800kB)
2. File Abstrak_240065_20416286206117_Noer Aisya Imelia Putri.pdf
Download (47kB)
3. Daftar Isi_240065_20416286206117_Noer Aisya Imelia Putri.pdf
Download (140kB)
4. BAB I_240065_20416286206117_Noer Aisya Imelia Putri.pdf
Download (403kB)
5. BAB II_240065_20416286206117_Noer Aisya Imelia Putri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (282kB)
6. BAB III_240065_20416286206117_Noer Aisya Imelia Putri.pdf
Download (650kB)
7. BAB IV_240065_20416286206117_Noer Aisya Imelia Putri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (353kB)
8. BAB V_240065_20416286206117_Noer Aisya Imelia Putri.pdf
Download (40kB)
9. Daftar Pustaka_240065_20416286206117_Noer Aisya Imelia Putri.pdf
Download (297kB)
10. Lampiran_240065_20416286206117_Noer Aisya Imelia Putri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
11. Artikel_240065_20416286206117_Noer Aisya Imelia Putri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (337kB)
Abstract
kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, serta memiliki hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian yang ingin dicapai untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Tipe TGT (Teams Games Tournaments) terhadap Hasil Belajar IPAS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Quasi Eksperimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pilihan ganda yang disebarkan sebelum dan sesudah diberikan treatment. Dengan ini dapat menunjukan terdapat pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar IPAS kelas IV SD. Metode pembelajaran ini baik untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman pada siswa, karena metode ini memiliki permainan didalamnya dengan bentuk turnamen akademik. Hasil analisis uji hipotesis yang telah dilakukan dengan bantuan uji-t menggunakan SPSS 29 for windows dengan taraf signifikasi pada uji hipotesis yaitu
0.05. Hasil perhitungan data yang diperoleh menunjukan bahwa nilai sig = 0.001 < 0.05 dengan hasil tersebut dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil ini dapat membuktikan adanya pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar IPAS.
Kata kunci : Metode Pembelajaran Cooperatif tipe TGT, Hasil Belajar IPAS
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:19 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:19 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4590 |
