Restyalino, Intan Lavieola (2024) Penggunaan Media Animasi Terhadap Kemampuan Memahami Materi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas II SDN Karangpawitan I Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240062_20416286206103_Intan Lavieola Restyalino.pdf
Download (887kB)
2. File Abstrak_240062_20416286206103_Intan Lavieola Restyalino.pdf
Download (215kB)
3. Daftar Isi_240062_20416286206103_Intan Lavieola Restyalino.pdf
Download (232kB)
4. BAB I_240062_20416286206103_Intan Lavieola Restyalino.pdf
Download (368kB)
5. BAB II_240062_20416286206103_Intan Lavieola Restyalino.pdf
Restricted to Registered users only
Download (427kB)
6. BAB III_240062_20416286206103_Intan Lavieola Restyalino.pdf
Download (339kB)
7. BAB IV_240062_20416286206103_Intan Lavieola Restyalino.pdf
Restricted to Registered users only
Download (605kB)
8. BAB V_240062_20416286206103_Intan Lavieola Restyalino.pdf
Download (243kB)
9. Daftar Pustaka_240062_20416286206103_Intan Lavieola Restyalino.pdf
Download (445kB)
10. Lampiran_240062_20416286206103_Intan Lavieola Restyalino.pdf
Restricted to Registered users only
Download (465kB)
11. Artikel_240062_20416286206103_Intan Lavieola Restyalino.pdf
Restricted to Registered users only
Download (79kB)
Abstract
Penelitian ini mengkaji penggunaan media animasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan dampaknya terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi. Di era digital ini, integrasi teknologi dalam pendidikan menjadi semakin relevan, dengan animasi menawarkan potensi untuk meningkatkan engagement dan pemahaman siswa. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam bagaimana media animasi diimplementasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia serta persepsi siswa dan guru terhadap efektivitasnya.Menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan observasi langsung di kelas, wawancara mendalam dengan orang tua dan siswa, serta analisis dokumen pembelajaran. Sampel terdiri dari satu Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar yang menggunakan media animasi dalam pembelajaran mereka. Data dikumpulkan selama satu semester akademik untuk memberikan gambaran komprehensif tentang implementasi dan dampak media animasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media animasi menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menarik. Siswa melaporkan peningkatan motivasi dan konsentrasi selama pelajaran. Guru mengamati partisipasi yang lebih aktif dan peningkatan kemampuan siswa dalam memahami konsepkonsep abstrak dalam Bahasa Indonesia. Analisis tematik mengungkapkan bahwa animasi terutama efektif dalam menjelaskan struktur kalimat, memvisualisasikan metafora, dan mendemonstrasikan penggunaan bahasa dalam konteks.Tantangan yang diidentifikasi meliputi kebutuhan akan pelatihan guru yang memadai dan infrastruktur teknologi yang mendukung. Penelitian ini menyoroti potensi media animasi sebagai alat pedagogis yang berharga dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sambil menggarisbawahi pentingnya integrasi yang cermat dan dukungan institusional. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran bahasa.
Kata Kunci : Media animasi, Pemahaman Materi, Bahasa Indonesia
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:19 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:19 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4587 |
