Adela, Anjalianti Pitriyanti Hurni (2024) Efektivitas Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar (Studi Kasus Kualitatif Pada Siswa Kelas 1 SDN Karangpawitan 1 Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240049_20416286206127_Anjalianti Pitriyanti Hurni Adela.pdf
Download (325kB)
2. File Abstrak_240049_20416286206127_Anjalianti Pitriyanti Hurni Adela.pdf
Download (49kB)
3. Daftar Isi_240049_20416286206127_Anjalianti Pitriyanti Hurni Adela.pdf
Download (239kB)
4. BAB_I_240049_20416286206127_Anjalianti Pitriyanti Hurni Adela.pdf
Download (288kB)
5. BAB_II_240049_20416286206127_Anjalianti Pitriyanti Hurni Adela.pdf
Restricted to Registered users only
Download (571kB)
6. BAB_III_240049_20416286206127_Anjalianti Pitriyanti Hurni Adela.pdf
Download (578kB)
7. BAB_IV_240049_20416286206127_Anjalianti Pitriyanti Hurni Adela.pdf
Restricted to Registered users only
Download (492kB)
8. BAB_V_240049_20416286206127_Anjalianti Pitriyanti Hurni Adela.pdf
Download (50kB)
9. Daftar Pustaka_240049_20416286206127_Anjalianti Pitriyanti Hurni Adela.pdf
Download (259kB)
10. Lampiran_240049_20416286206127_Anjalianti Pitriyanti Hurni Adela.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
11. Artikel_240049_20416286206127_Anjalianti Pitriyanti Hurni Adela.pdf
Restricted to Registered users only
Download (736kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media big book terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I di sekolah dasar kelas SDN Karangpawitan I Kabupaten Karawang. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian kualitatif. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah guru dan 3 siswa kelas I. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan media big book terhadap kemampuan siswa kelas I sekolahdasar di SDN Karangpawitan I terlaksana dengan baik. Media big book ini mempunyai kelebihan dimana ketika siswa menggunakan media ini akan meningkatakn kemampuan siswa, salah satunya kemampuan membaca khususnya untuk siswa kelas rendah seperti kelas I. Penggunaan media big book sebagai media untuk meningkatakn kemampuan siswa dalam membaca permulaan siswa Sekolah Dasar. siswa Sekolah Dasar akan mampu berpikir secara sistematis melalui gambar-gambar yang terdapat di dalam big book. Medai big book dengan ukuran yang cukup besar, memiliki gambar-gambar dan ukuran huruf besar juga serta di warnai dengan berbagai macam warna sehingga mampu menarik perhatian siswa Sekolah Dasar. berdasarkan hal tersebut penggunaan media big book sangat cocok digunakan di Sekolah Dasar dalam menciptakan pembelajaran dan membaca yang menyenangkan. Dengan pembelajaran yang menyenangkan inilah siswa akan termotivasi dalam membaca khususnya untuk siswa kelas rendah seperti siswa kelas I Sekolah Dasar.
Key Word : Media Big Book, Membaca Permulaan, Siswa Sekolah Dasar
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:18 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:18 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4573 |
