Puteriana, Adinda Rukman (2024) Pengaruh Video Animasi Berbasis Canva Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar (Studi Pre-Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Palumbonsari I Tahun Ajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240041_20416286206084_Adinda Rukman Puteriana.pdf
Download (819kB)
2. File Abstrak_240041_20416286206084_Adinda Rukman Puteriana.pdf
Download (231kB)
3. Daftar Isi_240041_20416286206084_Adinda Rukman Puteriana.pdf
Download (240kB)
4. BAB_I_240041_20416286206084_Adinda Rukman Puteriana.pdf
Download (376kB)
5. BAB_II_240041_20416286206084_Adinda Rukman Puteriana.pdf
Restricted to Registered users only
Download (714kB)
6. BAB_III_240041_20416286206084_Adinda Rukman Puteriana.pdf
Download (822kB)
7. BAB_IV_240041_20416286206084_Adinda Rukman Puteriana.pdf
Restricted to Registered users only
Download (407kB)
8. BAB_V_240041_20416286206084_Adinda Rukman Puteriana.pdf
Download (321kB)
9. Daftar Pustaka_240041_20416286206084_Adinda Rukman Puteriana.pdf
Download (484kB)
10. Lampiran_240041_20416286206084_Adinda Rukman Puteriana.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
11. Artikel_240041_20416286206084_Adinda Rukman Puteriana.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari video animasi berbasis canva terhadap kemampuan pemahaman konsep pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Palumbonsari 1 Kecamatan Karawang Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis pre-eksperimen menggunakan desain the one grup pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Palumbonsari 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 134 siswa/i. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan yaitu kelas V B yang berjumlah 48 siswa/i. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berupa soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Untuk mengetahui kelayakan suatu instrumen digunakan uji validitas, uji reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Hasil dari uji validitas didapatkan 20 soal valid dan 10 soal tidak valid. Pada hasil uji reliabilitas didapatkan hasil ri 0.63 dengan kategori reliabilitas tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Pada pengujian hipotesis statistik didapatkan hasil 0.001 sehingga lebih kecil dari 0.05 (0,001<0,05) artinya H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan video animasi berbasis canva terhadap kemampuan pemahaman konsep pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar.
Kata Kunci: Video Animasi Canva, Pemahaman Konsep IPAS
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:16 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:16 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4565 |
