Rizqi, Nadia Fathiyatu (2024) Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Penguatan Karakter Siswa (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas V SDN Anggadita I Tahun Ajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File judul_240040_20416286206120_Nadia Fathiyatu Rizqi.pdf
Download (804kB)
2. File Abstrak_240040_20416286206120_Nadia Fathiyatu Rizqi.pdf
Download (218kB)
3. Daftar Isi_240040_20416286206120_Nadia Fathiyatu Rizqi.pdf
Download (410kB)
4. BAB_I_240040_20416286206120_Nadia Fathiyatu Rizqi.pdf
Download (370kB)
5. BAB_II_240040_20416286206120_Nadia Fathiyatu Rizqi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (525kB)
6. BAB_III_240040_20416286206120_Nadia Fathiyatu Rizqi.pdf
Download (372kB)
7. BAB_IV_240040_20416286206120_Nadia Fathiyatu Rizqi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (980kB)
8. BAB_V_240040_20416286206120_Nadia Fathiyatu Rizqi.pdf
Download (220kB)
9. Daftar Pustaka_240040_20416286206120_Nadia Fathiyatu Rizqi.pdf
Download (367kB)
10. Lampiran_240040_20416286206120_Nadia Fathiyatu Rizqi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
11. Artikel_240040_20416286206120_Nadia Fathiyatu Rizqi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (977kB)
Abstract
Kurikulum Merdeka berfokus pada pendidikan karakter melalui Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila merupakan kompetensi atau karakter yang berusaha di tanamkan pada diri peserta didik dan diterapkan pada kesehariannya melalui pembelajaran di dalam kelas, pembelajaran tambahan, budaya sekolah, ataupun Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertujuan membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan etis. Melalui pendekatan ini, diharapkan siswa dapat memahami dan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, keadilan, dan persatuan, sebagai landasan dalam membentuk kepribadian yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program P5 terhapan penguatan karakter siswa dan menganalisis hambatan dan tantangan yang dihadapi terhadap implementasi P5 di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka di SDN Anggadita I sudah berjalan dengan baik. Penerapan pembelajaran berbasis projek dalam Kurikulum Merdeka ini dilakukan dengan secara bertahap. Indikator keberhasilan dari implementasi P5 dalam kurikulum merdeka terhadap penguatan karakter yaitu, sudah mulai terbentuknya karakter pada peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, serta berkembangnya keterampilan/kemampuan dan kompetensi peserta didik. Kemudian salah satu hambatan yang dialami selama pembelajaran P5 berlangsung di SDN Anggadita I adalah, kurangnya dukungan dari pihak orang tua peserta didik.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Implementasi P5, Pendidikan Karakter
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:16 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:16 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4564 |
