Widadarni, Fedycha Tyas (2024) Peran Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Menumbuhkan Kesantunan Berbahasa Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus Pada Siswa Kelas III SDN Cengkong 1 Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240038_20416286206033_Fedycha Tyas Widadarni.pdf
Download (1MB)
2. File Abstrak_240038_20416286206033_Fedycha Tyas Widadarni.pdf
Download (39kB)
3. Daftar Isi_240038_20416286206033_Fedycha Tyas Widadarni.pdf
Download (45kB)
4. BAB_I_240038_20416286206033_Fedycha Tyas Widadarni.pdf
Download (49kB)
5. BAB_II_240038_20416286206033_Fedycha Tyas Widadarni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (208kB)
6. BAB_III_240038_20416286206033_Fedycha Tyas Widadarni.pdf
Download (215kB)
7. BAB_IV_240038_20416286206033_Fedycha Tyas Widadarni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
8. BAB_V_240038_20416286206033_Fedycha Tyas Widadarni.pdf
Download (39kB)
9. Daftar Pustaka_240038_20416286206033_Fedycha Tyas Widadarni.pdf
Download (152kB)
10. Lampiran_240038_20416286206033_Fedycha Tyas Widadarni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
11. Artikel_240038_20416286206033_Fedycha Tyas Widadarni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (280kB)
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi peran pembelajaran Bahasa Indonesia dalam menumbuhkan kesantunan berbahasa di lingkungan pendidikan, dengan fokus pada siswa kelas III SDN Cengkong I, Kabupaten Karawang. Kesantunan berbahasa mencakup sikap sopan dan santun dalam berkomunikasi, yang esensial dalam interaksi sosial. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mendalami fenomena kesantunan berbahasa secara alamiah. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek tiga siswa kelas III dan satu guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesantunan berbahasa di antara siswa berada dalam kategori cukup baik, dengan variasi pada indikator- indikator tertentu seperti kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kerendahan hati, kesepakatan, dan kesimpatian menurut prinsip Leech. Subjek RA termasuk dalam kategori santun, subjek HA cukup santun, dan subjek GV kurang santun. Kesantunan RA dalam berbahasa menunjukkan penerapan prinsip-prinsip kesantunan secara signifikan, sedangkan HA masih perlu perbaikan pada beberapa aspek. GV menunjukkan kesantunan yang minimal, memerlukan perhatian lebih dalam pembelajaran. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran guru dalam memberikan contoh kesantunan berbahasa dan mendorong pembelajaran Bahasa Indonesia yang tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga pendidikan karakter. Kesantunan berbahasa dapat memperbaiki komunikasi, membangun karakter, dan mengurangi kekerasan verbal di lingkungan pendidikan.
Kata Kunci: pembelajaran bahasa indonesia, Kesantunan, dan siswa
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:16 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:16 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4562 |
