Aszahra, Laras (2024) Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus Pada Siswa Kelas II SDN Pucung V Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240034_20416286206116_Laras Aszahra.pdf
Download (449kB)
2. File Abstrak_240034_20416286206116_Laras Aszahra.pdf
Download (41kB)
3. Daftar Isi_240034_20416286206116_Laras Aszahra.pdf
Download (165kB)
4. BAB_I_240034_20416286206116_Laras Aszahra.pdf
Download (196kB)
5. BAB_II_240034_20416286206116_Laras Aszahra.pdf
Restricted to Registered users only
Download (373kB)
6. BAB_III_240034_20416286206116_Laras Aszahra.pdf
Download (137kB)
7. BAB_IV_240034_20416286206116_Laras Aszahra.pdf
Restricted to Registered users only
Download (546kB)
8. BAB_V_240034_20416286206116_Laras Aszahra.pdf
Download (163kB)
9. Daftar Pustaka_240034_20416286206116_Laras Aszahra.pdf
Download (184kB)
10. Lampiran_240034_20416286206116_Laras Aszahra.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
11. Artikel_240034_20416286206116_Laras Aszahra.pdf
Restricted to Registered users only
Download (409kB)
Abstract
Membaca permulaan diajarkan pada kelas rendah dan mempunyai peranan yang sangat penting. Siswa perlu memiliki keterampilan membaca yang baik karena memiliki pengaruh terhadap nilai yang baik bagi penguasaan mata pelajaran lain di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesulitan membaca permulaan dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN Pucung V Kecamatan Kota Baru Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah empat siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh yaitu terdapat empat siswa yang kesulitan membaca permulaan. Kesulitan yang dialaminya adalah kesulitan dalam mengenal huruf abjad, Siswa kesulitan menggabungkan huruf konsonan dengan huruf vokal menjadi suku kata, kesulitan membedakan huruf yang mirip, kesulitan menggabungkan huruf diftong, kesulitan menggabungkan huruf digraf dan siswa masih terbata-bata dalam mengeja, sehingga perlu bantuan ketika membaca. Dari kesulitan membaca permulaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor fisiologis, faktor lingkungan, faktor intelektual dan faktor psikologis. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik, salah satu media yang diterapkan yaitu kartu kata bergambar atau flashcard bertujuan untuk menumbuhkan minat membaca siswa. Selain itu, guru memberikan jam tambahan kepada siswa yang kesulitan membaca dengan memberikan bimbingan atau les membaca kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan tersebut. Siswa hendaknya memperbanyak latihan membaca, agar kemampuan minat membaca siswa yang dimiliki dapat meningkat serta dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik dan dapat membaca lancar tanpa kendala dikelas sampai ke jenjang berikutnya.
Kata Kunci: Kesulitan, Membaca Permulaan
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:16 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:16 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4558 |
