Dewi, Rosalina (2024) Pengaruh Model Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Kuantitatif Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Pucung III Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240033_20416286206089_Rosalina Dewi.pdf
Download (350kB)
2. File Abstrak_240033_20416286206089_Rosalina Dewi.pdf
Download (46kB)
3. Daftar Isi_240033_20416286206089_Rosalina Dewi.pdf
Download (379kB)
4. BAB_I_240033_20416286206089_Rosalina Dewi.pdf
Download (457kB)
5. BAB_II_240033_20416286206089_Rosalina Dewi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (379kB)
6. BAB_III_240033_20416286206089_Rosalina Dewi.pdf
Download (722kB)
7. BAB_IV_240033_20416286206089_Rosalina Dewi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
8. BAB_V_240033_20416286206089_Rosalina Dewi.pdf
Download (41kB)
9. Daftar Pustaka_240033_20416286206089_Rosalina Dewi.pdf
Download (263kB)
10. Lampiran_240033_20416286206089_Rosalina Dewi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
11. Artikel_240033_20416286206089_Rosalina Dewi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (935kB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPAS. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen semu ( quasi eksperimental). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest-Control-Group-Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pucung III, dengan jumlah siswa sebanyak 192 orang pada tahun pelajaran
2023/2024. Teknik sampel yang diambil adalah random sampling yaitu teknik untuk menentukan kelas yang dijadikan sampel dengan cara pengundian. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 60 siswa. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 21 soal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 24 didapatkan hasil sig (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh model project based learning (PjBl) terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV sekolah dasar.
Kata Kunci : Project Based Learning, Quasi Eksperimental, Random Sampling
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:15 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:15 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4557 |
