Azmi, Fikri Haikal (2024) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Kemampuan Membaca permulaan Siswa. Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240028_20416286206005_Fikri Haikal Azmi.pdf
Download (379kB)
2. File Abstrak_240028_20416286206005_Fikri Haikal Azmi.pdf
Download (141kB)
3. Daftar Isi_240028_20416286206005_Fikri Haikal Azmi.pdf
Download (161kB)
4. BAB_I_240028_20416286206005_Fikri Haikal Azmi.pdf
Download (144kB)
5. BAB_II_240028_20416286206005_Fikri Haikal Azmi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (609kB)
6. BAB_III_240028_20416286206005_Fikri Haikal Azmi.pdf
Download (423kB)
7. BAB_IV_240028_20416286206005_Fikri Haikal Azmi.pdf
Download (253kB)
8. BAB_V_240028_20416286206005_Fikri Haikal Azmi.pdf
Download (43kB)
9. Daftar Pustaka_240028_20416286206005_Fikri Haikal Azmi.pdf
Download (294kB)
10. Lampiran_240028_20416286206005_Fikri Haikal Azmi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
11. Artikel_240028_20416286206005_Fikri Haikal Azmi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (709kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperimen. Kemampuan membaca permulaan merupakan variabel terikat dalam penelitian ini, sedangkan media wordwall merupakan variabel bebas. Seluruh murid SD Negeri Karangsari I berjumlah 237 siswa merupakan populasi dalam penelitian ini. Metode rancangan one grup pretest – posttest design yang dilakukan sehingga menghasilkan sampel berjumlah 29 siswa. Analisis menggunakan statistik deskriptif dan satistik inferensial dilakukan untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata pretest sebesar
65.00, posttest 74.00, uji hipotesis (2-talled) 0.000 < 0.050 sehingga membuktikan bahwa penggunaan media game wordwall ini dapat mempengaruhi peningkatan kemampuan belajar membaca siswa, akibatnya membuat siswa lebih aktif dalam belajar dan siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Dari hasil penelitian yang di dapat, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan aplikasi wordwall berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan penggunaan media wordwall dengan mengembangkan ke versi yang lebih baik lagi.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Wordwall, Kemampuan Membaca Permulaan
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:15 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:15 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4552 |
