Astri, Aulia Harnum (2024) Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran IPAS Siswa (Desain Korelasional Siswa Kelas V SD Negeri Karawang Wetan III Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240024_20416286206025_Aulia Harnum Astri.pdf
Download (1MB)
2. File Abstrak_240024_20416286206025_Aulia Harnum Astri.pdf
Download (115kB)
3. Daftar Isi_240024_20416286206025_Aulia Harnum Astri.pdf
Download (422kB)
4. BAB_I_240024_20416286206025_Aulia Harnum Astri.pdf
Download (163kB)
5. BAB_II_240024_20416286206025_Aulia Harnum Astri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (225kB)
6. BAB_III_240024_20416286206025_Aulia Harnum Astri.pdf
Download (589kB)
7. BAB_IV_240024_20416286206025_Aulia Harnum Astri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (570kB)
8. BAB_V_240024_20416286206025_Aulia Harnum Astri.pdf
Download (36kB)
9. Daftar Pustaka_240024_20416286206025_Aulia Harnum Astri.pdf
Download (155kB)
10. Lampiran_240024_20416286206025_Aulia Harnum Astri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
11. Artikel_240024_20416286206025_Aulia Harnum Astri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (687kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri Karawang Wetan III pada tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian adalah jumlah keseluruhan dari siswa di SD Negeri Karawang Wetan III yaitu 673 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik random sampling, sampel penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Karawang Wetan III yang berjumlah 105 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa kuesioner sebanyak 20 butir pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah yang kondusif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar IPAS siswa. Analisis data dilakukan menggunakan bantuan SPSS versi 24 didapatkan hasil t hitung (8,05) < t tabel (1,65). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa meskipun H0 ditolak, namun H1 disetujui, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar IPAS siswa.
Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Minat Belajar, IPAS
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:15 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:15 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4548 |
