Nurhasanah, Nurhasanah (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Pada Aplikasi Scratch Terhadap Numerisasi Siswa Sekolah Dasar (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Karangpawitan III Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240010_20416286206007_Nurhasanah.pdf
Download (994kB)
2. File Abstrak_240010_20416286206007_Nurhasanah.pdf
Download (412kB)
3. Daftar Isi_240010_20416286206007_Nurhasanah.pdf
Download (554kB)
4. BAB_I_240010_20416286206007_Nurhasanah.pdf
Download (357kB)
5. BAB II_240010_20416286206007_Nurhasanah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
6. BAB_III_240010_20416286206007_Nurhasanah.pdf
Download (720kB)
7. BAB_IV_240010_20416286206007_Nurhasanah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
8. BAB_V_240010_20416286206007_Nurhasanah.pdf
Download (322kB)
9. Daftar Pustaka_240010_20416286206007_Nurhasanah.pdf
Download (441kB)
10. Lampiran_240010_20416286206007_Nurhasanah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
11. Artikel_240010_20416286206007_Nurhasanah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (766kB)
Abstract
Asesmen Nasional merupakan bentuk sistem penilaian di Indonesia, salah satu yang diukur didalamnya yaitu numerasi. Dalam penyajian materi numerasi harus dibuat secara utuh dan menarik, agar pembelajaran dapat bermakna serta menyenangkan. Salah satu media pembelajaran di era digital menjadi alternatif guru dalam menyampaikan materi seperti aplikasi Scratch. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis TPACK pada aplikasi Scratch terhadap numerasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan desain quasi experimental jenis Nonquivalent Control Group Design. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V sekolah dasar SDN Karangpawitan III. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive dengan masing-masing kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing kelas berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data uji paired t-test dengan hasil perolehan nilai sig. < 0,001 yang menunjukan bahwa hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis TPACK pada aplikasi Scratch terhadap numerasi siswa sekolah dasar.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Numerasi, Scratch
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:13 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:13 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4533 |
