Damayanti, Ririn (2024) Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas V SDN Dawuan Barat I Cikampek Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240009_20416286206081_Ririn Damayanti.pdf
Download (1MB)
2. File Abstrak_240009_20416286206081_Ririn Damayanti.pdf
Download (228kB)
3. Daftar Isi_240009_20416286206081_Ririn Damayanti.pdf
Download (53kB)
4. BAB_I_240009_20416286206081_Ririn Damayanti.pdf
Download (149kB)
5. BAB_II_240009_20416286206081_Ririn Damayanti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (295kB)
6. BAB_III_240009_20416286206081_Ririn Damayanti.pdf
Download (394kB)
7. BAB IV_240009_20416286206081_Ririn Damayanti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
8. BAB_V_240009_20416286206081_Ririn Damayanti.pdf
Download (39kB)
9. Daftar Pustaka_240009_20416286206081_Ririn Damayanti.pdf
Download (261kB)
10. Lampiran_240009_20416286206081_Ririn Damayanti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
11. Artikel_240009_20416286206081_Ririn Damayanti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (551kB)
Abstract
Mata pelajaran IPAS merupakan mata pelajaran pada jenjang sekolah dasar yang didalamnya mengkaji tentang makhluk hidup, benda mati, serta kehidupan sosial individu yang berinteraksi dengan lingkungannya. Dalam proses pembelajarannya dilakukan secara nyata pada siswa menggunakan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran itu sendiri memiliki dampak positif bagi hasil belajar yang diperoleh siswa dalam mata pelajaran IPAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon terhadap hasil belajar kognitif siswa SD. Lokasi penelitian ini dilakukan di SDN Dawuan Barat I tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design one group pretest-posttest. Sampel penelitian siswa kelas V yang berjumlah 35 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000,
0.000 < 0.05 maka sesuai dasar pengambilan keputusan yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka pada penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa adanya pengaruh dari penggunaan media berbasis video animasi powtoon terhadap hasil belajar kognitif siswa SD pada mata pelajaran IPAS.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Animasi Powtoon, Hasil Belajar Kognitif, IPAS
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:13 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:13 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4532 |
