Pengaruh Model Contextual Teaching And Leaning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPAS (Studi Kuantitatif Pada Siswa Kelas IV SDN Pucung IV Kecamatan Kotabaru Tahun Pelajaran 2023/2024)

Agustiani, Cucu Rizki (2024) Pengaruh Model Contextual Teaching And Leaning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPAS (Studi Kuantitatif Pada Siswa Kelas IV SDN Pucung IV Kecamatan Kotabaru Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf] Text
1. File Judul_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf] Text
2. File Abstrak_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf] Text
3. Daftar Isi_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf

Download (521kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf] Text
4. BAB_I_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf

Download (600kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf] Text
5. BAB_II_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf] Text
6. BAB_III_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf

Download (955kB)
[thumbnail of 7. BAB _IV_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf] Text
7. BAB _IV_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[thumbnail of 8. BAB_V_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf] Text
8. BAB_V_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf

Download (512kB)
[thumbnail of 10. Lampiran_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf] Text
10. Lampiran_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of 11. Artikel_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf] Text
11. Artikel_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV SDN Pucung IV. Jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini didekati secara kuantitatif. Studi pre-eksperimen dengan pretest dan posttest adalah metodologi yang digunakan. Sampel penelitian ini sebanyak 23 responden, 13 di antaranya laki-laki dan 10 diantaranya perempuan. Metode pengumpulan data adalah menggunakan tes kemampuan berpikir kritis yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskripsif dan inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000<0,05. ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) berdampak pada kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA mengikuti terapi, demikian temuan tersebut. Model Contextual Teaching and Laerning dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya saat belajar IPA. Model Contextual Teaching and Learning sangat membantu dalam proses pembelajaran sebagai hasilnya. Setiap siswa mendapat kesempatan untuk bekerja sama dalam kelompoknya, dan siswa menuliskan kembali hasil percakapannya dengan bahasanya masing-masing, sehingga meningkatkan tingkat kemandiriannya dalam perkembangan belajarnya model Contextual Teaching and Learning secara signifikan mempengaruhi kapasitas berpikir kritis seseorang. Ini menunjukkan bahwa terdapat terdapat pengaruh penerapan model CTL dengan kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning (CTK), Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:13
Last Modified: 22 Oct 2025 07:13
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4530

Actions (login required)

View Item
View Item