Agustiani, Cucu Rizki (2024) Pengaruh Model Contextual Teaching And Leaning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPAS (Studi Kuantitatif Pada Siswa Kelas IV SDN Pucung IV Kecamatan Kotabaru Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf
Download (555kB)
2. File Abstrak_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf
Download (382kB)
3. Daftar Isi_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf
Download (521kB)
4. BAB_I_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf
Download (600kB)
5. BAB_II_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (609kB)
6. BAB_III_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf
Download (955kB)
7. BAB _IV_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (781kB)
8. BAB_V_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf
Download (475kB)
9. Daftar Pustaka_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf
Download (512kB)
10. Lampiran_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
11. Artikel_240007_20416286206014_Cucu Rizki Agustiani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (574kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV SDN Pucung IV. Jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini didekati secara kuantitatif. Studi pre-eksperimen dengan pretest dan posttest adalah metodologi yang digunakan. Sampel penelitian ini sebanyak 23 responden, 13 di antaranya laki-laki dan 10 diantaranya perempuan. Metode pengumpulan data adalah menggunakan tes kemampuan berpikir kritis yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskripsif dan inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000<0,05. ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) berdampak pada kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA mengikuti terapi, demikian temuan tersebut. Model Contextual Teaching and Laerning dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya saat belajar IPA. Model Contextual Teaching and Learning sangat membantu dalam proses pembelajaran sebagai hasilnya. Setiap siswa mendapat kesempatan untuk bekerja sama dalam kelompoknya, dan siswa menuliskan kembali hasil percakapannya dengan bahasanya masing-masing, sehingga meningkatkan tingkat kemandiriannya dalam perkembangan belajarnya model Contextual Teaching and Learning secara signifikan mempengaruhi kapasitas berpikir kritis seseorang. Ini menunjukkan bahwa terdapat terdapat pengaruh penerapan model CTL dengan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning (CTK), Berpikir Kritis
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:13 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:13 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4530 |
