Evaluasi Ketidaklengkapan Pemberian Obat Trehadap Kualitas Pelayanan Pasien JKN Di Rumah Sakit x Karawang

Nadeak, Zevania Toguria (2024) Evaluasi Ketidaklengkapan Pemberian Obat Trehadap Kualitas Pelayanan Pasien JKN Di Rumah Sakit x Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1 COVER_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf] Text
1 COVER_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of 2  ABSTRAK_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf] Text
2 ABSTRAK_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 3 DAFTAR ISI_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf] Text
3 DAFTAR ISI_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 4 BAB I_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf] Text
4 BAB I_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 5 BAB II_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf] Text
5 BAB II_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB)
[thumbnail of 6 BAB III_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf] Text
6 BAB III_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 7 BAB IV_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf] Text
7 BAB IV_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[thumbnail of 8 BAB V_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf] Text
8 BAB V_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 9 DAFTAR PUSTAKA_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf] Text
9 DAFTAR PUSTAKA_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 10 LAMPIRAN_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf] Text
10 LAMPIRAN_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 11 ARTIKEL_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf] Text
11 ARTIKEL_240097_21416248201109_Zevania Toguria Nadeak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian yang baik penting untuk menjamin mutu layanan rumah sakit, terutama bagi pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Namun, keterbatasan stok atau obat yang tidak sesuai formularium masih menjadi kendala, yang dapat memengaruhi kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kesesuaian obat dengan Formularium Nasional dan menilai hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien JKN di Rumah Sakit X Karawang. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan pendekatan retrospektif dan prospektif. Data diperoleh dari dokumen permintaan obat dan kuesioner kepada 250 pasien rawat jalan JKN menggunakan instrumen SERVQUAL. Uji Spearman digunakan untuk melihat hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Hasil menunjukkan kesesuaian obat dengan Formularium Nasional sebesar 91,61%, yang mencerminkan kepatuhan terhadap standar JKN. Terdapat hubungan sangat kuat dan signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien (r = 0,958; p < 0,01). Mutu pelayanan kefarmasian sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Rumah sakit perlu terus menjaga ketersediaan obat dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Kata Kunci: JKN, Pelayanan Farmasi, Kepuasan Pasien, Formularium Nasional

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Pustakawan Perpustakaan UBP Karawang
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:12
Last Modified: 22 Oct 2025 07:12
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4522

Actions (login required)

View Item
View Item