Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Pada Siswa Kelas IV SDN Palumbonsari IV

Sulistianingrum, Febry Angellyca (2024) Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Pada Siswa Kelas IV SDN Palumbonsari IV. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (4). ISSN 2548-6950

[thumbnail of 1 Judul_240011_20416286206087_Febry Angellyca Sulistianingrum.pdf] Text
1 Judul_240011_20416286206087_Febry Angellyca Sulistianingrum.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of 2 Daftar Isi_240011_20416286206087_Febry Angellyca Sulistianingrum.pdf] Text
2 Daftar Isi_240011_20416286206087_Febry Angellyca Sulistianingrum.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 3 Artikel_240011_20416286206087_Febry Angellyca Sulistianingrum.pdf] Text
3 Artikel_240011_20416286206087_Febry Angellyca Sulistianingrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of 4 Daftar Pustaka_240011_20416286206087_Febry Angellyca Sulistianingrum.pdf] Text
4 Daftar Pustaka_240011_20416286206087_Febry Angellyca Sulistianingrum.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 5 Lampiran_240011_20416286206087_Febry Angellyca Sulistianingrum.pdf] Text
5 Lampiran_240011_20416286206087_Febry Angellyca Sulistianingrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada proses ilmiah dalam memahami konsep-konsep dasar IPAS di sekolah dasar adalah pendekatan saintifik. Penelitian ini akan menganalisis bagaimana pendekatan saintifik diterapkan dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar, dengan fokus pada penerapan proses seperti observasi, pengajuan pertanyaan, eksperimen, analisis data, dan komunikasi hasilnya. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode saintifik dapat membantu siswa menjadi lebih terlibat dalam pelajaran, meningkatkan kemampuan mereka untuk berpikir kritis, dan meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep. Namun, implementasinya menimbulkan beberapa kendala; fasilitas laboratorium terbatas dan sumber daya guru harus ditingkatkan. Penelitian ini menunjukkan bahwa guru memerlukan pelatihan tambahan, serta peningkatan fasilitas dan perlengkapan pendukung.
Kata Kunci: pendekatan saintifik, pembelajaran IPAS, sekolah dasar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 08 Oct 2025 06:08
Last Modified: 08 Oct 2025 06:08
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4338

Actions (login required)

View Item
View Item