Membangun Keterampilan Sosial Bagi Anak Ekstrovert di Sekolah Dasar (Studi Kasus Pada Siswa Kelas I SDN Palumbonsari 1 Karawang Timur Tahun Pelajaran 2023/2024

Hasanah, Saidah (2024) Membangun Keterampilan Sosial Bagi Anak Ekstrovert di Sekolah Dasar (Studi Kasus Pada Siswa Kelas I SDN Palumbonsari 1 Karawang Timur Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (2). ISSN 2548-6950

[thumbnail of 01 Judul_240008_20416286206119_Saidah Hasanah.pdf] Text
01 Judul_240008_20416286206119_Saidah Hasanah.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 02 Daftar Isi_240008_20416286206119_Saidah Hasanah.pdf] Text
02 Daftar Isi_240008_20416286206119_Saidah Hasanah.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 03 Artikel_240008_20416286206119_Saidah Hasanah.pdf] Text
03 Artikel_240008_20416286206119_Saidah Hasanah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[thumbnail of 04 Daftar Pustaka_240008_20416286206119_Saidah Hasanah.pdf] Text
04 Daftar Pustaka_240008_20416286206119_Saidah Hasanah.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 05 Lampiran_240008_20416286206119_Saidah Hasanah.pdf] Text
05 Lampiran_240008_20416286206119_Saidah Hasanah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan sosial bagi anak ekstrovert di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian case study research (studi kasus) dan bersifat deskriptif dengan teknik data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setiap anak memiliki kepribadian yang unik, dan salah satu tipe kepribadian yang sering ditemui adalah ekstrovert. Anak yang memiliki sifat ekstrovert sering kali mengalami kendala dalam situasi yang memerlukan ketenangan dan konsentrasi, contohnya saat belajar seorang diri, siswa tersebut kemungkinan memiliki kecenderungan untuk selalu mencari perhatian, kadang menjadi bosan dengan kegiatan yang monoton, dan sulit untuk mengontrol diri. Sangat penting untuk memberikan peluang bagi seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain secara sosial. Namun, anak tersebut mengalami kekurangan dalam bidang keterampilan sosial nya, seperti berbicara terlalu banyak dan tidak peka terhadap perasaan orang di sekitarnya yang merasa terganggu. Dengan adanya keterampilan sosial siswa dapat memunculkan suatu kemampuannya yang berhubungan dengan sosial sehingga dapat mencapai berbagai prestasi dari siswa tersebut.

Kata Kunci: ekstrovert, keterampilan soial, sekolah dasar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 08 Oct 2025 06:07
Last Modified: 08 Oct 2025 06:07
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4334

Actions (login required)

View Item
View Item