Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar (Studi Kuantitatif Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Cipayung III Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi 2023/2024)

Apriliani, Devi Mariam (2024) Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar (Studi Kuantitatif Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Cipayung III Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi 2023/2024). Jurnal Pahlawan, 20 (2).

[thumbnail of 01 File Judul_240007_20416286206113_Devi Mariam Apriliani.pdf] Text
01 File Judul_240007_20416286206113_Devi Mariam Apriliani.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 02 Daftar Isi_240007_20416286206113_Devi Mariam Apriliani.pdf] Text
02 Daftar Isi_240007_20416286206113_Devi Mariam Apriliani.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 03 Artikel_240007_20416286206113_Devi Mariam Apriliani.pdf] Text
03 Artikel_240007_20416286206113_Devi Mariam Apriliani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 04 Daftar Pustaka_240007_20416286206113_Devi Mariam Apriliani.pdf] Text
04 Daftar Pustaka_240007_20416286206113_Devi Mariam Apriliani.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of 05 Lampiran_240007_20416286206113_Devi Mariam Apriliani.pdf] Text
05 Lampiran_240007_20416286206113_Devi Mariam Apriliani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari kebenaran yang menggambarkan adanya pengaruh media video media animasi tehadap berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran IPAS. Pada penelitiannya ini, penulis menggunakan metode pre-eksperimental design jenis penelitian Pre- Experimental Design yang menggunakan design the static group comparison, the static group comparison adalah penelitian yang menggunakan dua kelas yaitu satu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dari itu pada penelitian ini dilakukan dua kali tes, yaitu pretest (O1) dan posttest (O2). Pada uji validasi diperoleh lima soal yng memenuhi atau melebihi angka r-tabel, pada uji reabilitas di peroleh angka 0,916 dimana angka ini melebihi 0,70 yang membuktikan bahwa hasil uji ini reliabel. Setelah melakukan uji validitas dan reabiltas dilakukan pengujian kembali pada lima soal yang teah memenuhi r-tabel, dimana pengujian lakukan dua kali yaitu prettes dan postes. Hasil prettes dan postes diuji kembali dimana di peroleh nimal rata-rata 62,16, median 60,00, dan nilai keseluruhan adalah 6216. Selanjutnya dilakukuakn uji normalitas menggunakan One-Sample kolmogorow-smirnov Test yang memperoleh hasil > 0,05, pada uji homogenitas di peroleh angka yang sama yaitu > 0,005. Dan yang terakhir adalah ujit dimana pada uji t ini menggunakan independent samples test, pada group statistic diperoleh angka rata-rata dari prettes adalah 55,84 dan postes adalah 68,48 dan pada independent samples test memperoleh nilai signiivkasi 0,608 yang membuktikan bahwa prettes dan postes beifat homogen. Sedangkan selisih dari keduanya adalah -12,640 dimana prettes < postes dengan demikian media animasi memiliki pengaruh pada berpikir kreatip siswa di sekolah dasar

Kata kunci: Video Animasi, Berpikir Kreatif dan Siswa

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 08 Oct 2025 06:06
Last Modified: 08 Oct 2025 06:06
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4333

Actions (login required)

View Item
View Item