Klasterisasi Tingkat Penjualan Kedai Kopi Hallo Burjois Menggunakan Algoritma K-Medoids Sebagai Evaluasi

Maulana, Pradana Rizki (2024) Klasterisasi Tingkat Penjualan Kedai Kopi Hallo Burjois Menggunakan Algoritma K-Medoids Sebagai Evaluasi. JURNAL FASILKOM, 14 (1). ISSN 2808-9162

[thumbnail of 1. Cover_240020_20416257201010_Pradana Rizki Maulana.pdf] Text
1. Cover_240020_20416257201010_Pradana Rizki Maulana.pdf

Download (720kB)
[thumbnail of 2. Daftar Isi_240020_20416257201010_Pradana Rizki Maulana.pdf] Text
2. Daftar Isi_240020_20416257201010_Pradana Rizki Maulana.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of 3. Artikel Utama_240020_20416257201010_Pradana Rizki Maulana.pdf] Text
3. Artikel Utama_240020_20416257201010_Pradana Rizki Maulana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[thumbnail of 4. Daftar Pustaka_240020_20416257201010_Pradana Rizki Maulana.pdf] Text
4. Daftar Pustaka_240020_20416257201010_Pradana Rizki Maulana.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 5. Lampiran_240020_20416257201010_Pradana Rizki Maulana.pdf] Text
5. Lampiran_240020_20416257201010_Pradana Rizki Maulana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kedai Hallo Burjois yang sedang mengalami tantangan untuk memperluas jangkauan produk menu produk, penelitian ini menerapkan algoritma K-Medoids Clustering untuk meningkatkan strategi promosi dengan mengidentifikasi menu-menu yang memiliki tingkat minat pembeli rendah. Proses tersebut melibatkan pengolahan data penjualan harian yang diubah menjadi format bulanan, di mana algoritma K-Medoids digunakan untuk membentuk tiga kluster yang mewakili tingkat penjualan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil klasterisasi menunjukkan adanya menu-menu dengan penjualan rendah sebanyak 6 item, antara lain Americano, Caffe Latte, Dark Choco Caramel, Dimsum, Hazelnut Latte, dan Pasta Carbonara. Lalu kami mengadopsi prinsip 4P (Product, Price, Place & Promotion) untuk mengevaluasi produk dengan tingkat penjualan terendah. Uji validitas dilakukan menggunakan Davies Boulding Index (DBI), menunjukkan keakuratan dan konsistensi hasil klasterisasi sebesar 0,95 pada tiga kluster.
Kata kunci: K-Medoids Clustering, Strategi Promosi, Data Mining, Penjualan, RapidMiner

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 29 Sep 2025 02:56
Last Modified: 29 Sep 2025 02:56
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4318

Actions (login required)

View Item
View Item