Penerapan Algoritma Apriori Menentukan Produk Paling Diminati Pada Distro Gshop Karawang

Indraswari, Putri (2024) Penerapan Algoritma Apriori Menentukan Produk Paling Diminati Pada Distro Gshop Karawang. Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 8 (2). ISSN 2541-1330

[thumbnail of 1. FILE JUDUL_240014_20416257201044_Putri Indraswari.pdf] Text
1. FILE JUDUL_240014_20416257201044_Putri Indraswari.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 2. DAFTAR ISI_240014_20416257201044_Putri Indraswari.pdf] Text
2. DAFTAR ISI_240014_20416257201044_Putri Indraswari.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 3. ARTIKEL UTAMA_240014_20416257201044_Putri Indraswari.pdf] Text
3. ARTIKEL UTAMA_240014_20416257201044_Putri Indraswari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR PUSTAKA_240014_20416257201044_Putri Indraswari.pdf] Text
5. DAFTAR PUSTAKA_240014_20416257201044_Putri Indraswari.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 6. LAMPIRAN_240014_20416257201044_Putri Indraswari.pdf] Text
6. LAMPIRAN_240014_20416257201044_Putri Indraswari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Distro Gshop merupakan sebuah toko yang bergerak dalam bidang distributor store baju kekinian, tidak hanya menjual baju saja distro Gshop juga menjual berbagai produk seperti celana jelans, celana cargo, hijab, tas slempang dll. Namun demikian dari berbagai jenis produk tersebut yang terjual tentu tidak semuanya yang laris terjual, ada juga yang kurang laris terjual. Akan tetapi pemilik toko distro tidak mengetahui pasangan barang yang sering dibeli oleh konsumen secara bersamaan sehingga sering terjadi kurangnya stok pada item-item yang sering dibeli secara bersamaan oleh konsumen. Data transaksi toko dapat diolah kembali menggunakan aplikasi data mining sehingga menghasilkan aturan asosiasi keterkaitan yang pada barang- barang penjualan sehingga bisa memberikan rekomendasi penyetokan barang di toko terlebih barang-barang yang dibeli secara bersamaan oleh konsumen dan meningkatnya barang yang dijual di toko. Algoritma apriori adalah salah satu jenis aturan asosiasi dalam menentukan pola kombinasi dari itemset dan aturan asosiasi yaitu didapatkan hasil barang-barang yang paling sering dibeli oleh konsumen dan minimun yang memiliki nilai support 17% serta aturan asosiasi final diambil berdasarkan aturan yang memenuhi syarat minimum confidence yang sebelumnya telah ditentulkan yaitu 50% yaitu, Tshirt dan Celana Cargo dengan nilai confidence (56%), Hijab Segi Empat Motif dan Hijab Pashmina Silk (50%), Celana Cargo dan Tshirt (100%).

Kata Kunci: Algoritma Apriori, Aturan Assosiasi, Data Mininig, Minat Produk

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 29 Sep 2025 02:56
Last Modified: 29 Sep 2025 02:56
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4313

Actions (login required)

View Item
View Item