Pengaruh Model Pengajuan Dan Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Afifah, Nur (2019) Pengaruh Model Pengajuan Dan Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_190049_15416286206032_Nur Afifah.pdf] Text
1. File Judul_190049_15416286206032_Nur Afifah.pdf

Download (905kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_190049_15416286206032_Nur Afifah.pdf] Text
2. File Abstrak_190049_15416286206032_Nur Afifah.pdf

Download (633kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_190049_15416286206032_Nur Afifah.pdf] Text
4. BAB_I_190049_15416286206032_Nur Afifah.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_190049_15416286206032_Nur Afifah.pdf] Text
5. BAB_II_190049_15416286206032_Nur Afifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_190049_15416286206032_Nur Afifah.pdf] Text
6. BAB_III_190049_15416286206032_Nur Afifah.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_190049_15416286206032_Nur Afifah.pdf] Text
7. BAB_IV_190049_15416286206032_Nur Afifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[thumbnail of 8. BAB_V_190049_15416286206032_Nur Afifah.pdf] Text
8. BAB_V_190049_15416286206032_Nur Afifah.pdf

Download (583kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190049_15416286206032_Nur Afifah.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190049_15416286206032_Nur Afifah.pdf

Download (580kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pengajuan dan pemecahan masalah (JUCAMA) terhadap kemampuan berpikir kreatif Matematika siswa kelas IV sekolah dasar yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Sukamakmur 1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Sukamakmur 1 yang berjumlah 97 siswa. Peneliti mengambil sampel 40 siswa dari jumlah populasi yang ada. Teknik pengumpulan data melalui tes soal Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) pada soal Matematika. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan pearson product moment. Hasil dari uji validitas tes soal Matematika diperoleh 10 butir instrumen yang valid dari 10 butir instrumen yang diujicobakan. Hasil uji reliabilitas nilai r20 sebesar 0,939. Hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pengajuan dan pemecahan masalah (JUCAMA) terhadap kemampuan berpikir kreatif Matematika siswa kelas IV. Hal ini diperoleh probabilitas (signifikansi) 0.000 < 0.050 menunjukkan adanya pengaruh model pengajuan dan pemecahan masalah (JUCAMA) terhadap kemampuan berpikir kreatif Matematika siswa kelas IV.

Kata kunci: Kemampuan berpikir, Kreatif, Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 11 Dec 2024 07:35
Last Modified: 11 Dec 2024 07:35
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item
View Item