Putri, Rahayu Maula (2023) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menulis Tegak Bersambung Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas III di SDN Kondang Jaya III Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
![01 FILE JUDUL_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf [thumbnail of 01 FILE JUDUL_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01 FILE JUDUL_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf
Download (560kB)
![02 ABSTRAK_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf [thumbnail of 02 ABSTRAK_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02 ABSTRAK_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf
Download (202kB)
![03 DAFTAR ISI_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf [thumbnail of 03 DAFTAR ISI_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03 DAFTAR ISI_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf
Download (200kB)
![04 BAB I_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf [thumbnail of 04 BAB I_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04 BAB I_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf
Download (256kB)
![05 BAB II_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf [thumbnail of 05 BAB II_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05 BAB II_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (385kB)
![06 BAB III_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf [thumbnail of 06 BAB III_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06 BAB III_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf
Download (546kB)
![07 BAB IV_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf [thumbnail of 07 BAB IV_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07 BAB IV_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (451kB)
![08 BAB V_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf [thumbnail of 08 BAB V_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08 BAB V_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf
Download (171kB)
![09 ARTIKEL_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf [thumbnail of 09 ARTIKEL_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09 ARTIKEL_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf
Download (423kB)
![11 LAMPIRAN_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf [thumbnail of 11 LAMPIRAN_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11 LAMPIRAN_230065_19416286206061_Rahayu Maula Putri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dan guru pada saat pada materi menulis huruf tegak bersambung pada Kelas 3 SDN Kondang Jaya III. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil analisis dari wawancara, dan tes yaitu ditemukan kesulitan yang dihadapi siswa saat pembelajaran menulis huruf tegak bersambung. Kesulitan tersebut yaitu saat penulisan huruf tegak bersambung terdapat kesalahan penulisan kata yang hurufnya masih kurang lengkap, penulisan huruf kapital kurang tepat, penulisan tanda baca tidak disertakan, tulisan yang bergelombang tidak sesuai dengan baris yang sudah disediakan, dan siswa masih belum bisa menulis huruf tegak bersambung dengan lancar. Adapun kesulitan guru yang ditemukan pada saat pembelajaran menulis huruf tegak bersambung yaitu guru kesulitan menyampaikan pembelajaran menulis huruf tegak bersambung sehingga siswa kurang paham dalam membedakan huruf cetak biasa dan huruf tegak bersambung, guru tidak menggunakan sarana prasarana sekolah dalam menyampaikan pembelajaran sehingga siswa merasa bosan karena guru hanya menggunakan metode ceramah, dan guru kurang dalam mengatur waktu pembelajaran sehingga guru merasa waktu yang dilaksanakan untuk siswa belajar menulis huruf tegak bersambung di sekolah masih kurang.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Keterampilan Menulis, Huruf Tegak Bersambung
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 05:00 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 05:00 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3810 |