Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Kuantitatif Pada Siswa Kelas IV SDN Karyasari 1 Tahun Pelajaran 2022-2023)

Triyani, Sindi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Kuantitatif Pada Siswa Kelas IV SDN Karyasari 1 Tahun Pelajaran 2022-2023). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. COVER_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf] Text
1. COVER_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf

Download (788kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf] Text
2. ABSTRAK_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf] Text
3. DAFTAR ISI_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 4. BAB 1_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf] Text
4. BAB 1_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 5. BAB 2_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf] Text
5. BAB 2_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[thumbnail of 6. BAB 3_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf] Text
6. BAB 3_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf] Text
7. BAB IV_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[thumbnail of 8. BAB V_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf] Text
8. BAB V_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf] Text
11. LAMPIRAN_230052_19416286206095_Sindi Triyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam membaca, terutama dalam membaca pemahaman. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pretest-posttest control group design. Metode penelitian yang digunakan pree eksperimen dengan pretest dan posttest. Subjek dalam penelitian ini yaitu berjumlah 60 siswa terdiri dari 31 siswa laki-laki dan 29 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu digunakan yaitu pretest dan posttest yang sebelumnya sudah di uji kelayakannya menggunakan expert judgement (ahli bahasa). Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji independent sample T-test di peroleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 degan nilai signifikan < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar.

Kata Kunci: Model Pembelajaran CIRC, Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 17 Mar 2025 04:54
Last Modified: 17 Mar 2025 04:54
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3798

Actions (login required)

View Item
View Item