Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Belendung III Tahun Pelajaran 2022-2023)

Yulyani, Winda (2023) Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Belendung III Tahun Pelajaran 2022-2023). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 01 FILE JUDUL_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf] Text
01 FILE JUDUL_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 02 FILE ABSTRAK_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf] Text
02 FILE ABSTRAK_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 03 DAFTAR ISI_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf] Text
03 DAFTAR ISI_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 04 BAB I_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf] Text
04 BAB I_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 05 BAB II_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf] Text
05 BAB II_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of 06 BAB III_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf] Text
06 BAB III_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of 07 BAB IV_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf] Text
07 BAB IV_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[thumbnail of 08 BAB V_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf] Text
08 BAB V_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 09 DAFTAR PUSTAKA_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf] Text
09 DAFTAR PUSTAKA_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 11 LAMPIRAN_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf] Text
11 LAMPIRAN_230028_19416286206086_Winda Yulyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain One Group Pretest – Posttest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Belendung III yang berjumlah 77 orang. Mengambi sampel satu kelas yaitu kelas VA yang berjumlah 39 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berupa pretest dan posttest untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan tes soal uraian. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik Uji Paired Sample test. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil output “Test Statistics” 0.000 < 0.05, dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada perbedaan pada hasil nilai pretest dan posttest dan terdapat pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Belendung III.

Kata kunci: Berpikir kritis, Project Based Learning, IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 17 Mar 2025 04:35
Last Modified: 17 Mar 2025 04:35
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3776

Actions (login required)

View Item
View Item