Hardianti, Sarah (2023) Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Operasi Hitung Nilangan Bulat di Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas IV SDN Wanajaya III Tahun Pelajaran 2022/2023). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. JUDUL_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf [thumbnail of 1. JUDUL_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. JUDUL_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf
Download (418kB)
![2. ABSTRAK_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf
Download (275kB)
![3. DAFTAR ISI_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf
Download (165kB)
![4. BAB I_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf [thumbnail of 4. BAB I_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf
Download (224kB)
![5. BAB II_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf [thumbnail of 5. BAB II_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (298kB)
![6. BAB III_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf [thumbnail of 6. BAB III_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf
Download (303kB)
![7. BAB IV_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![8. BAB V_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf [thumbnail of 8. BAB V_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf
Download (206kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf
Download (272kB)
![11. LAMPIRAN_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf [thumbnail of 11. LAMPIRAN_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. LAMPIRAN_230019_19416286206022_Sarah Hardianti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Miskonsepsi merupakan ketidaksesuaian dalam konsep yang sebenarnya atau kesalahan dalam menggunakan dan memahami konsep. Miskonsepsi dapat di pengaruhi oleh adanya prakonsepsi awal siswa yang salah, bahan ajar yang kurang tepat, dan pembahasan konsep materi pembelajaran oleh guru yang kurang dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan tuntuk menganalisis dan mengetahui persentasse miskonsepsi siswa kelas IV di SDN Wanajaya III serta faktor penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data observasi, wawancara, tes soal diagnostik, dan dokumentassi. Subjek penelitian ini yaitu 6 orang siswa kelas IV dan guru kelas IV SDN Wanajaya III yang merupakan sumber data untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa. Untuk menghitung persentase kategori miskonsepsi siswa dalam teknis analisis data penelitian ini yaitu dengan perhitungan statistik deskriptif. Dari hasil analis data menunjukkan bahwa dari enam siswa ada tiga orang siswa yang mengalami miskonsepsi dengan kategori sedang yaitu dengan persentasse 33,3 – 50% dan tiga orang siswa dengan kategori tinggi yaitu 66,7 – 100% pada pembelajaran matematika operasi hitung bilangan bulat ini. Faktor penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa kelas IV SDN Wanajaya III adalah prakonsepsi siswa yang keliru atau pengetahuan awal siswa yang salah, intuisi yang salah, kemampuan siswa yang berbeda-beda, minat belajar siswa, penyampaian materi oleh guru dan metode dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Miskonsepsi, Faktor Penyebab, Matematika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 04:32 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 04:32 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3767 |