Setiawati, Syifa (2023) Implementasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran PPKN Untuk Mengatasi Perundungan di MTS Ghoyatul Jihad. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf [thumbnail of 1. File Judul_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf
Download (1MB)
![2. Abstrak_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf [thumbnail of 2. Abstrak_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. Abstrak_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf
Download (503kB)
![3. Daftar Isi_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf
Download (617kB)
![4. BAB__I_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf [thumbnail of 4. BAB__I_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB__I_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf
Download (1MB)
![5. BAB__II_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf [thumbnail of 5. BAB__II_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB__II_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
![6. BAB__III_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf [thumbnail of 6. BAB__III_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB__III_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf
Download (1MB)
![7. BAB__IV_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf [thumbnail of 7. BAB__IV_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB__IV_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
![8. BAB__V_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf [thumbnail of 8. BAB__V_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB__V_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf
Download (1MB)
![9. Daftar Pustaka_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf
Download (745kB)
![11. Lampiran_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf [thumbnail of 11. Lampiran_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. Lampiran_230006_19416287205007_Syifa Setiawati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Abstract
Skripsi ini dilatar belakangi oleh masalah kasus perundungan yang terjadi di sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ghoyatul Jihad. Adapun kasus perundungan yang sering terjadi pada beberapa siswa adalah perundungan verbal dan fisik. Oleh karena itu, guru sangat berperan penting mengatasi kasus perundungan dengan menanamkan nilai-nilai karakter bangsa yang meliputi nilai religius, toleransi, bersahabat, cinta damai dan semangat kebangsaan yang diterapkan dalam pembelajaran PPKn untuk mengatasi perundungan di MTs Ghoyatul Jihad. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, implementasi, hambatan, dan solusi penanaman nilai-nilai karakter bangsa dalam pembelajaran PPKn untuk mengatasi perundungan di MTs Ghoyatul Jihad. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan model Miles dan Huberman melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui implementasi nilai-nilai karakter bangsa yang memuat nilai religius, toleransi, bersahabat, cinta damai, dan semangat kebangsaan yang diterapkan dalam pembelajaran PPkn di kelas dapat mengatasi perundungan yang terjadi di MTs Ghoyatul Jihad diantaranya: penanaman nilai (1) religius, siswa ditanamkan untuk mendasarkan segala kegiatan dengan berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan YME. (2) toleransi, saling menghargai dan menghormati sesama teman walaupun mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. (3) bersahabat, mengajarkan siswa agar saling menghargai, pengertian, saling mengasihi tanpa adanya keterpaksaan maupun terbebani. (4) cinta damai, mengajarkan siswa untuk bersikap, bertutur kata, dan bertindak tanpa menyakiti perasaan temannya. Dan (5) semangat kebangsaan, mengajarkan siswa agar selalu semangat dalam menjalin persatuan dan kesatuan antar teman.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Karakter bangsa, Pembelajaran PPKn, Perundungan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 03:58 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 03:58 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3741 |