Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Proses Pembelajaran IPA Di Kelas IV Sekolah Dasar

Nandi, Dita Yulia (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Proses Pembelajaran IPA Di Kelas IV Sekolah Dasar. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_190037_15416286206119_Dita Yulia Nandi.pdf] Text
1. File Judul_190037_15416286206119_Dita Yulia Nandi.pdf

Download (607kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_190037_15416286206119_Dita Yulia Nandi.pdf] Text
2. File Abstrak_190037_15416286206119_Dita Yulia Nandi.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of 4. BAB_1_190037_15416286206119_Dita Yulia Nandi.pdf] Text
4. BAB_1_190037_15416286206119_Dita Yulia Nandi.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of 5. BAB_2_190037_15416286206119_Dita Yulia Nandi.pdf] Text
5. BAB_2_190037_15416286206119_Dita Yulia Nandi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[thumbnail of 6. BAB_3_190037_15416286206119_Dita Yulia Nandi.pdf] Text
6. BAB_3_190037_15416286206119_Dita Yulia Nandi.pdf

Download (721kB)
[thumbnail of 7. BAB_4_190037_15416286206119_Dita Yulia Nandi.pdf] Text
7. BAB_4_190037_15416286206119_Dita Yulia Nandi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[thumbnail of 8. BAB_5_190037_15416286206119_Dita Yulia Nandi.pdf] Text
8. BAB_5_190037_15416286206119_Dita Yulia Nandi.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_190037_15416286206119_Dita Yulia Nandi.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_190037_15416286206119_Dita Yulia Nandi.pdf

Download (589kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan proses pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Adiarsa Barat V. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya keterampilan proses terhadap materi lingkungan. Desain penelitian ini menggunakan Quasi eksperimental design yang digunakan adalah jenis nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Adiarsa Barat V. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVA dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal dan lembar observasi dengan enam indikator keterampilan proses yaitu, melakukan pengamatan, menafsirkan, mengelompokkan, meramalkan, melaksanakan percobaan, dan mengkomunikasikan. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan tes sebelum dan sesudah pembelajaran dengan perlakuan. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikasi (2-tailed ) adalah 0,000. Karena nilai signifikansi 0.000 < α = 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses antara siswa yang mendapat model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pembelajaran konvensional.

Kata kunci: Project Based Learning (PjBL), Keterampilan Proses

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 09 Dec 2024 07:54
Last Modified: 09 Dec 2024 07:54
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item
View Item