Kanzdaffa, Aditya Harits (2023) Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan UMKM Dengan Metode CSI dan IPA (Studi Kasus: UMKM Pusat Oleh-Oleh Ibu Evi). Diploma thesis, UBP Karawang.
![01. Judul_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf [thumbnail of 01. Judul_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01. Judul_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf
Download (940kB)
![02. Abstrak_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf [thumbnail of 02. Abstrak_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02. Abstrak_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf
Download (384kB)
![03. Daftar Isi_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf [thumbnail of 03. Daftar Isi_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03. Daftar Isi_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf
Download (621kB)
![04. BAB_I_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf [thumbnail of 04. BAB_I_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04. BAB_I_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf
Download (1MB)
![05. BAB_II_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf [thumbnail of 05. BAB_II_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05. BAB_II_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
![06. BAB_III_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf [thumbnail of 06. BAB_III_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06. BAB_III_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf
Download (1MB)
![07. BAB_IV_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf [thumbnail of 07. BAB_IV_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07. BAB_IV_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
![08. BAB_V_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf [thumbnail of 08. BAB_V_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08. BAB_V_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf
Download (405kB)
![09. Daftar Pustaka_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf [thumbnail of 09. Daftar Pustaka_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09. Daftar Pustaka_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf
Download (510kB)
![11. Lampiran_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf [thumbnail of 11. Lampiran_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. Lampiran_230066_19416226201007_Aditya Harits Kanzdaffa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Pelaku usaha dalam melakukan kegiatan usahanya selalu berputar pada profit yang menjadi titik acuan sukses tidaknya usaha tersebut. Untuk mendapatkan profit, pelaku usaha harus memiliki pelanggan dan harus dijaga kualitasnya dengan baik agar pelanggan tidak melakukan pembelian dengan pelaku usaha lain. Kualitas yang buruk pasti akan berpengaruh terhadap reputasi dan target penjualan usaha yang dijalani, pelaku usaha harus bisa mengukur seberapa puas dan tidak puas pelanggannya. UMKM Ibu Evi adalah UMKM yang bergerak dibidang oleh-oleh makanan ringan Khas Jawa Barat seperti Kembang Goyang, Semprong, dan Kue Gapit. UMKM Ibu Evi mendapati permasalahan mengenai ketidaktahuan kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk dan pelayanan yang telah diberikan. Sehingga metode yang dapat dipakai untuk mengukur hal tersebut yaitu dengan metode CSI (Customer Satisfaction Index) yaitu indeks untuk menentukan tingkat kepuasan pelanggan secara menyeluruh dengan pendekatan yang mempertimbangkan tingkat kepentingan dari atribut-atribut produk atau jasa yang diukur. Dan metode IPA (Important Performance Analysis) digunakan untuk mengidentifikasikan tingkat kepentingan setiap atribut pelayanan untuk mengetahui prioritas perbaikan yang harus dilakukan oleh UMKM Ibu Evi. Setelah dilakukannya analisis, didapatkan nilai 70% untuk CSI yang dimana ditunjukan pada tabel interpretasi masuk ke dalam kategori Puas. Lalu analisa kuadran IPA menghasilkan beberapa prioritas utama dalam perbaikan atribut- atribut yaitu pada kuadran I dan II. Pelaku usaha sebaiknya bisa memberikan pelatihan kepada pegawainya dan juga meningkatkan kualitas yang telah ada ke kualitas yang lebih baik.
Kata Kunci: customer satisfaction index, important performance analysis, kepuasan pelanggan, kualitas produk dan pelayanan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 03:53 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 03:53 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3489 |