Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III

Wisudawan, Agus (2019) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. FILE JUDUL_190021_15416286206133_Agus Wisudawan.pdf] Text
1. FILE JUDUL_190021_15416286206133_Agus Wisudawan.pdf

Download (675kB)
[thumbnail of 2. Abstrak_190021_15416286206133_Agus Wisudawan.pdf] Text
2. Abstrak_190021_15416286206133_Agus Wisudawan.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of 4. BAB I_190021_15416286206133_Agus Wisudawan.pdf] Text
4. BAB I_190021_15416286206133_Agus Wisudawan.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of 5. BAB II_190021_15416286206133_Agus Wisudawan.pdf] Text
5. BAB II_190021_15416286206133_Agus Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[thumbnail of 6. BAB III_190021_15416286206133_Agus Wisudawan.pdf] Text
6. BAB III_190021_15416286206133_Agus Wisudawan.pdf

Download (711kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_190021_15416286206133_Agus Wisudawan.pdf] Text
7. BAB IV_190021_15416286206133_Agus Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[thumbnail of 8. BAB V_190021_15416286206133_Agus Wisudawan.pdf] Text
8. BAB V_190021_15416286206133_Agus Wisudawan.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190021_15416286206133_Agus Wisudawan.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190021_15416286206133_Agus Wisudawan.pdf

Download (562kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasl belajar IPS siswa kelas III pada materi mengenal uang di SD Negeri Medalsari yang beralamat di Desa Medalsari Kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i SD Negeri Medalsari Desa Medalsari Kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang yang berjumlah 210 orang siswa/i. Dengan mengambil sampel seluruh siswa/i kelas III SD Negeri Medalsari yaitu kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui soal pilihan ganda hasil belajar IPS siswa pada materi mengal uang. Penelitian ini membandingkan penggunaan media gambar pada hasil belajar IPS dengan hasil belajar IPS tidak menggunakan media gambar. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistika uji-t Paired Samples Test. Yaitu hasil kelas eksperimen sebesar 8.718 dengan sig (2-tailed) sebesar 0.000 ≤ 0.05 dengan signifikans 0.05 dengan n= 20 yang artinya menunjukan hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar pada proses pembelajaran IPS materi Uang siswa/i kls III SD Negeri Medalsari memiliki perbedaan yang signifikan.

Kata Kunci : Media Gambar, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 09 Dec 2024 09:12
Last Modified: 09 Dec 2024 09:12
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/318

Actions (login required)

View Item
View Item