Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Masitoh, Siti (2019) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. COVER_190020_15416286206053_Siti Masitoh.pdf] Text
1. COVER_190020_15416286206053_Siti Masitoh.pdf

Download (719kB)
[thumbnail of 2. Abstrak_190020_15416286206053_Siti Masitoh.pdf] Text
2. Abstrak_190020_15416286206053_Siti Masitoh.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of 4. BAB I_190020_15416286206053_Siti Masitoh.pdf] Text
4. BAB I_190020_15416286206053_Siti Masitoh.pdf

Download (610kB)
[thumbnail of 5. BAB II_190020_15416286206053_Siti Masitoh.pdf] Text
5. BAB II_190020_15416286206053_Siti Masitoh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[thumbnail of 6. BAB III_190020_15416286206053_Siti Masitoh.pdf] Text
6. BAB III_190020_15416286206053_Siti Masitoh.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_190020_15416286206053_Siti Masitoh.pdf] Text
7. BAB IV_190020_15416286206053_Siti Masitoh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[thumbnail of 8. BAB V_190020_15416286206053_Siti Masitoh.pdf] Text
8. BAB V_190020_15416286206053_Siti Masitoh.pdf

Download (583kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190020_15416286206053_Siti Masitoh.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190020_15416286206053_Siti Masitoh.pdf

Download (572kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan pengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan Model Coopertive Learning Tipe picture and picture pada siswa kelas 1 SDN Sukapura III. Jenis penelitian adalah Eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Sukapura III. Sampel yang digunakan adalah kelas 1 SDN Sukapura III yang berjumlah 50 orang siswa, dimana kelas 1 A berjumlah 25 orang siswa sebagai kelas Eksperimen dan kelas 1 B berjumlah 25 orang siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes membaca pemulaan dengan meggunakan lima indikator, yaitu ketepatan menyuarakan tulisan, kewajaran lafal, kewajaran intonasi, kelancaran, kejelasan suara. Intrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan adalah dengan menggunakan tes lisan atau pratik membaca permulaan. Tes ini terdiri dari tes awal (pretest) dan tes pasca tindakan (posttest). Hasil penelitian meunjukan Pretest nilai rata-rata kelas ekperimen sebesar 50,24 dan kelas kontrol sebesar 51,04. Setelah dilakukan treatment pembelajaran menggunakan model Cooperative Learning Tipe Picture and Picture, hasil analisis data pada Postest kelas eksperimen dengan rata-rata 86,24 dan nilai kelas kontrol dengan rata-rata 70,88. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikan adalah 0,000. Karena nilai signifikan 0,000 < α = 0.05, maka H0 diterima, artinya hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan antara Model Cooperative Learning Tipe Picture and picture terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 dengan kelas tidak menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Picture and picture. Dari hasil penelitia yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh Model Cooperative Learning Tipe picture and picture terhadap kemampuan membaca permulaan di kelas 1 SDN Sukapura III tahun pelajaran 2018/2019.

Kata kunci : Model Cooperative Leaning Tipe picture and picture, kemampuan Membaca Permulaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 09 Dec 2024 09:12
Last Modified: 09 Dec 2024 09:12
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/316

Actions (login required)

View Item
View Item