Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN Anggadita III

Dewi, Nurmala (2019) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN Anggadita III. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. COVER_190015_15416286206076_Nurmala Dewi.pdf] Text
1. COVER_190015_15416286206076_Nurmala Dewi.pdf

Download (663kB)
[thumbnail of 2. Abstrak_190015_15416286206076_Nurmala Dewi.pdf] Text
2. Abstrak_190015_15416286206076_Nurmala Dewi.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of 4. BAB I_190015_15416286206076_Nurmala Dewi.pdf] Text
4. BAB I_190015_15416286206076_Nurmala Dewi.pdf

Download (603kB)
[thumbnail of 5. BAB II_190015_15416286206076_Nurmala Dewi.pdf] Text
5. BAB II_190015_15416286206076_Nurmala Dewi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[thumbnail of 6. BAB III_190015_15416286206076_Nurmala Dewi.pdf] Text
6. BAB III_190015_15416286206076_Nurmala Dewi.pdf

Download (717kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_190015_15416286206076_Nurmala Dewi.pdf] Text
7. BAB IV_190015_15416286206076_Nurmala Dewi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[thumbnail of 8. BAB V_190015_15416286206076_Nurmala Dewi.pdf] Text
8. BAB V_190015_15416286206076_Nurmala Dewi.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190015_15416286206076_Nurmala Dewi.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190015_15416286206076_Nurmala Dewi.pdf

Download (576kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model cooperative learning tipe talking stick terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Anggadita III Kecamatan Klari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Anggadita III yang berjumlah 83 siswa terdiri dari 28 kelas A, 28 kelas B dan 27 kelas C dengan mengambil sampel 56 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistic probability. Hasil dari uji validitas soal pada mata pelajaran IPA diperoleh 25 butir instrumen yang dinyatakan valid dari 30 butir instrumen yang diujicobakan. Hasil uji reabilitas diperileh nilai r11 sebesar 0,37. Hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh yang signifikan antara model cooperative learning tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA. Hal ini diperoleh nilai p-valued untuk 2-tailed = 0,000. Karena p-value = 0,000 < α = 0,05 maka H0: ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa menggunakan model cooperative learning tipe talking stick lebih baik dengan yang tidak menggunakan model cooperative learning tipe talking stick di kelas IV SDN Anggadita III.

Kata kunci : Cooperative learning tipe talking stick, hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 09 Dec 2024 09:24
Last Modified: 09 Dec 2024 09:24
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item
View Item