Jannah, Nurotul (2022) Gambaran Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SMAN 1 Rawamerta. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf [thumbnail of 1. File Judul-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf
Download (792kB)
![2. File Abstrak-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf [thumbnail of 2. File Abstrak-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. File Abstrak-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf
Download (432kB)
![3. Daftar Isi-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf
Download (416kB)
![4. Bab I-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf [thumbnail of 4. Bab I-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. Bab I-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf
Download (440kB)
![5. Bab II-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf [thumbnail of 5. Bab II-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. Bab II-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (447kB)
![6. Bab III-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf [thumbnail of 6. Bab III-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. Bab III-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf
Download (493kB)
![7. Bab IV-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf [thumbnail of 7. Bab IV-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. Bab IV-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (533kB)
![8. Bab V-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf [thumbnail of 8. Bab V-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. Bab V-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf
Download (404kB)
![9. Daftar Pustaka-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf
Download (421kB)
![10. Lampiran-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf [thumbnail of 10. Lampiran-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran-220069-18416273201119-Nurotul Jannah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (615kB)
Abstract
Fenomena stigma buruk terhadap mata pelajaran matematika tidak jarang ditemui pada siswa baik di bangku sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Hal itu dapat mempengaruhi minat belajar matematika siswa. Minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika adalah kecenderungan untuk mau mempelajari ilmu matematika dengan diiringi perasaan antusias, tertantang, senang dan tanpa ada paksaan dari siapapun. Minat belajar siswa memiliki empat aspek diantaranya perasaan senang, perhatian, perasaan tertarik, serta melibatkan diri dalam kegiatan belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan adalah 152 siswa kelas XI dan XII SMAN 1 Rawamerta yang ditentukan dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu teknik sample kuota dengan taraf kesalahan 5%. Pengambilan skala menggunakan skala minat belajar siswa. Analisis penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji kategorisasi dengan bantuan SPSS for windows versi 25.0. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kategoriasi skala minat belajar siswa agar dapat menentukan jenjang kategori tinggi atau rendah. Hasil uji normalitas menunjukan taraf signifikansinya sebesar 0,43 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel minat belajar siswa berdistribusi normal. Hasil kategorisasi menunjukan 147 orang siswa tergolong pada kategorisasi tinggi atau dengan persentase sebesar 96,7% dan 5 orang siswa tergolong pada kategorisasi rendah atau dengan persentase sebesar 3,3%. Maka dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa pada matematika di SMAN 1 Rawamerta untuk siswa kelas XI dan XII berada pada kategori tinggi.
Kata kunci : Minat Belajar Siswa, Matematika, Pendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 06:58 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 06:58 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2809 |