Nurlatifah, Dhea Sukmawati (2022) Penyelesaian Capacitated Vehicle Routing Problem Menggunakan Algoritma Sweep Untuk Penentuan Rute Distribusi di Distributor Spare Part Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1.File Judul_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf [thumbnail of 1.File Judul_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1.File Judul_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf
Download (476kB)
![2.File Abstrak_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf [thumbnail of 2.File Abstrak_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2.File Abstrak_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf
Download (411kB)
![3.Daftar Isi_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf [thumbnail of 3.Daftar Isi_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3.Daftar Isi_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf
Download (463kB)
![4.BAB_I_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf [thumbnail of 4.BAB_I_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4.BAB_I_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf
Download (459kB)
![5.BAB_II_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf [thumbnail of 5.BAB_II_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5.BAB_II_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (694kB)
![6.BAB_III_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf [thumbnail of 6.BAB_III_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6.BAB_III_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf
Download (476kB)
![7.BAB_IV_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf [thumbnail of 7.BAB_IV_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7.BAB_IV_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (696kB)
![8.BAB_V_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf [thumbnail of 8.BAB_V_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8.BAB_V_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf
Download (404kB)
![9.Daftar Pustaka_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf [thumbnail of 9.Daftar Pustaka_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9.Daftar Pustaka_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf
Download (444kB)
![10.Lampiran_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf [thumbnail of 10.Lampiran_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10.Lampiran_220086_18416226201256_Dhea Sukmawati Nurlatifah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (706kB)
Abstract
Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) merupakan salah satu jenis VRP suatu permasalahan kendaraan yang memiliki kendala yaitu berupa terbatasnya kapasitas maksimum kendaraan. Penelitian ini dilakukan di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pendistribusian produk spare part mobil, yang mana pada proses pelaksanaan distribusinya perusahaan hanya berdasarkan pada pengalaman serta perkiraan dari karyawan saja. Banyaknya toko atau pelanggan yang tersebar di beberapa titik serta jumlah permintaan yang berbeda-beda setiap harinya, mengakibatkan pihak perusahaan mengalami kendala dalam menentukan rute distribusi. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelesaikan CVRP yang ada pada perusahaan tersebut guna memperoleh rute distribusi serta jarak pendistribusian yang minimum dengan menggunakan algoritma sweep. Algoritma sweep ini terdiri dari dua tahapan, yaitu pada tahap pertama berupa clustering sedangkan pada tahap kedua yaitu pembentukan rute. Berdasarkan hasil yang diperoleh menggunakan metode tersebut terjadi penghematan baik dari segi jarak maupun waktu tempuh. Kondisi awal rute perusahaan memiliki total jarak 781,6 km dengan waktu yang ditempuh selama 663,6 menit. Sedangkan rute setelah perbaikan memiliki total jarak tempuh 606,46 km dengan waktu tempuh selama 522,946 menit. Hal tersebut menunjukkan bahwa CVRP yang dialami perusahaan dapat diselesaikan dengan menggunakan algoritma sweep karena mampu meminimasi jarak yang harus ditempuh serta mempercepat proses pendistribusian produk dengan mempertimbangkan jumlah produk yang harus dikirimkan lebih optimal dan tidak melebihi kapasitas kendaraan. Kata Kunci : algoritma sweep, capacitated vehicle routing problem, distribusi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 04:33 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 04:33 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2685 |