Fachruddin, Fachruddin (2022) Analisis Sistem Antrian dan Pelayanan Sepeda Motor Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Menggunakan Model Multiple Channel Query System (Studi Kasus Pada SPBU 34.422.03 Labuan, Banten). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. COVER_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf [thumbnail of 1. COVER_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf
Download (509kB)
![2. ABSTRAK_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf
Download (411kB)
![3. DAFTAR ISI_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf
Download (415kB)
![4. BAB I_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf [thumbnail of 4. BAB I_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf
Download (457kB)
![5. BAB II_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf [thumbnail of 5. BAB II_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf
Restricted to Registered users only
Download (563kB)
![6. BAB III_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf [thumbnail of 6. BAB III_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf
Download (551kB)
![7. BAB IV_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf
Restricted to Registered users only
Download (592kB)
![8. BAB V_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf [thumbnail of 8. BAB V_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf
Download (417kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf
Download (416kB)
![10. LAMPIRAN_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_220066_18416226201052_Fachruddin.pdf
Restricted to Registered users only
Download (997kB)
Abstract
Semakin bertambahnya jumlah pengguna sepeda motor, maka kebutuhan pengguna sepeda motor dalam memenuhi akan bahan bakar secara otomatis akan mengalami peningkatan sehingga mengakibatkan panjangnya antrian ditempat pengisian bahan bakar yaitu di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Tujuan dari penelitian ini untuk mengoptimalkan antrian dengan analisis terkait sistem antrian dan pelayanan pengguna sepeda motor di SPBU 34.422.03 Labuan,Banten. Jenis data yang digunakan data primer dengan melakukan observasi serta wawancara dan data sekunder diambil dari studi literatur. Populasi yang diambil adalah pelanggan pengendara sepeda motor. Sampel yang digunakan waktu pengambilan data selama 14 hari antara jam 07.00 – 09.00, 12.00 – 14.00, 15.00 – 17.00 dan 19.00 – 20.00 WIB. Metode analisis menggunakan sistem antrian model multiple channel query system atau sistem antrian jalur berganda. Hasil dari penelitian pada SPBU 34.422.03 Labuan menggunakan analisis teori antrian model multiple channel query system, dengan 3 jalur fasilitas pelayanan antrian terpanjang dalam sistem terjadi pada pukul 07:00-08:00 dengan rata-rata tingkat kedatangan 220 dan waktu pelayanan dalam antrian selama 0,366 menit, usulan penambahan 2 jalur fasilitas pelayanan sehingga menjadi 5 jalur fasilitas pelayanan didapatkan waktu pelayanan pada jam antrian tertinggi pukul 07:00 - 08:00 berkurang menjadi 0,338 menit. Penambahan 2 jalur dapat mengoptimalkan kinerja antrian sehingga terjadi pengurangan waktu pelayanan.
Kata Kunci: sistem antrian, multiple channel query system, sepeda motor, spbu 34.422.03, pengoptimalan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 04:57 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 04:57 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2663 |