Nurjanah, Tika (2022) Pengaruh Motivasi Belajar dan Konsentrasi Belajar Terhadap Pemahaman Matematika Siswa Kelas V Se-Gugus Tanjungpura-Tanjungmekar (Studi Korelasi Pada Siswa Kelas V SDN Se-gugus Tanjungpura-Tanjungmekar Ajaran 2021-2022). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. COVER_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf [thumbnail of 1. COVER_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf
Download (577kB)
![2. ABSTRAK_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf
Download (445kB)
![3. DAFTAR ISI_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf
Download (420kB)
![4. BAB I_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf [thumbnail of 4. BAB I_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf
Download (433kB)
![5. BAB II_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf [thumbnail of 5. BAB II_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (544kB)
![6. BAB III_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf [thumbnail of 6. BAB III_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf
Download (600kB)
![7. BAB IV_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (583kB)
![8. BAB V_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf [thumbnail of 8. BAB V_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf
Download (411kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf
Download (447kB)
![10. LAMPIRAN_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_220088_18416286206078_Tika Nurjanah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar Dan Konsentrasi Belajar Terhadap Pemahaman Matematika Siswa Kelas V SDN Se-Gugus Tanjungpura-Tanjungmekar. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh Siswa Kelas V SDN se-gugus Tanjungpura-Tanjungmekar. Dengan mengambil sampel 10% dari anggota populasi didapat sampel yang berjumlah 84 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Tes Pemahaman Matematika, Angket Motivasi belajar dan Konsentrasi Belajar. Teknik analisis data guna menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan perhitungan statistik korelasi produk moment. Hasil dari uji validitas tes Pemahaman Matematika diperoleh 9 butir instrumen yang dinyatakan valid dari 10 butir instrumen, Motivasi belajar diperoleh 20 butir instrumen yang dinyatakan valid dari 20 butir instrumen dan Konsentrasi belajar diperoleh 19 butir instrumen yang dinyatakan valid dari 20 butir instrumen yang diujicobakan. Hasil dari uji regresi diperoleh nilai R Square sebesar 73,9 % terdapat pengaruh yang signifikan antara Motivasi Belajar dan Konsentrasi Belajar terhadap Pemahaman Matematika secara bersama-sama atau simultan. Hal ini diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,786 > 0,05 maka hipotesis diterima untuk variabel Motivasi Belajar, untuk Konsentrasi Belajar rhitung > rtabel yaitu 0,784 > 0,05 hipotesis diterima, sehingga dapat dianggap bahwa Motivasi Belajar dan Konsentrasi Belajar yang semakin tinggi maka akan semakin tinggi pula Pemahaman Matematika. Kata kunci : pemahaman matematika, motivasi belajar, konsentrasi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 04:55 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 04:55 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2656 |